Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
memilih lokasi usaha yang tepat
memilih lokasi usaha yang tepat

Cara Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat untuk bisnis Sobat UKM dapat menjadi vital bagi kesuksesan bisnis yang dijalani. Setiap bisnis memiliki persyaratan yang berbeda. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan prioritas bisnis kamu saat memutuskan jenis dan lokasi bisnis kamu. Kecuali kamu menjalankan bisnis rumahan, kamu mungkin perlu membeli atau menyewa tempat bisnis.

Pelajari apa yang harus dipertimbangkan ketika mencari lokasi dan tempat bisnis yang tepat disini!

1. Pilih lokasi yang sesuai demografi konsumen

Kumpulkan informasi demografi di area yang kamu minati termasuk populasi, usia, dan pendapatan untuk melihat apakah itu pasar yang tepat untuk menjual produk atau layanan kamu. Semakin kamu mengetahui target pasar untuk produk atau layanan kamu akan semakin memudahkan kamu utuk menentukan lokasi bisnis kamu.

2. Perhatikan keramaian lingkungan

Perhatikan tingkat keramaian lingkungan seperti kendaraan dan pejalan kaki yang lewat. Jika lokasi tersebut sering dilewati kendaraan atau pejalan kaki maka dapat dipastikan kalau lokasi tersebut cocok untuk membuka bisnis kamu. Semakin tinggi tingkat mobilitas di lokasi tersebut maka semakin tinggi kesempatan konsumen untuk mendatangi bisnis kamu.

3. Akses ke lokasi yang mudah dijangkau

Akses ke lokasi bisnis yang mendukung dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengunjungi bisnis kamu dan konsumen yang mengunjungi bisnis kamu pun semakin banyak. Seperti lokasi bisnis yang dapat dilewati oleh mobil dan dilalui oleh transportasi umum.

4. Cari tahu tentang bisnis lain di area tersebut

Pertimbangkan apakah lokasi yang akan kamu jadikan tempat mendirikan bisnis tersebut memiliki banyak usaha yang ada di lokasi itu. Semakin banyak usaha yang ada di suatu tempat, maka semakin banyak pula konsumen yang akan datang ke tempat tersebut. Itu artinya, potensi untuk memperoleh keuntungan yang banyak cukup besar. Namun pastikan kamu menjual produk yang berbeda dibandingkan usaha lainnya.

5. Cek kebersihan di lokasi

Sebelum menetapkan untuk membuka bisnis di suatu lokasi, alangkah baiknya memilih lokasi usaha yang bersih. Konsumen akan ragu untuk membeli produk atau layanan kamu jika lingkungan tempat bisnis kamu kotor dan kumuh.

6. Perhatikan kemanan di sekitar lokasi

Jika kamu sudah memilih lokasi bisnis yang bersih, Langkah selanjutnya yaitu perhatikan apakah lingkungan di sekitar lokasi bisnis kamu aman. Lokasi yang aman juga dapat menambahkan kenyamanan konsumen. Ini juga dapat menguntungkan kamu sebagai pelaku bisnis karena dapat mengurangi risiko pencurian ataupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha kamu.

7. Teliti pesaing kamu di lokasi usaha

Selanjutnya yaitu perhatikan banyaknya kompetitor yang ada di lokasi usaha kamu, sebaiknya pilih lokasi dengan tingkat persaingan yang rendah. Namun jika kamu yakin karena posisinya sangat strategis, maka kamu harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha kamu dengan usaha lain yang sejenis.

8. Perhatikan perizinan

Yang terakhir, ada baiknya sebelum memulai usaha hal yang harus dipertimbangkan salah satunya adalah perizinan usaha. Jangan sampai mengabaikan hal perizinan karena mungkin akan mengakibatkan risiko yang lebih besar di kemudian hari.

Itu dia 8 tips untuk kamu memilih lokasi bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop