Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
cara mengelola keuangan usaha warung
cara mengelola keuangan usaha warung

Tips dan Strategi Jitu: Cara Mengelola Keuangan Usaha Warungmu

Bagi para pengusaha warung, cara mengelola keuangan usaha merupakan hal yang sangat penting.

Mengelola keuangan dengan baik akan membuat usaha Anda lebih kredibel dan berhasil.

Dalam tulisan ini, kami akan memberikan tips cara mengelola keuangan usaha warung se-simpel mungkin agar dapat dipahami dengan mudah.

Menentukan Tujuan

menentukan tujuan

Tujuan utama dari sebuah usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mencapai tujuan ini, para pengusaha harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Usaha yang berhasil biasanya adalah yang mampu mengoptimalkan pengeluaran dan pendapatan.

Tujuan tersebut juga jangan sampai menghilangkan essensi dalam memberikan solusi kepada masyarakat atas masalah yang ada. Karena hal tersebut adalah core value dalam berbisnis.

Setiap usaha harus memiliki tujuan yang jelas, terukur, dan dapat dicapai. Dengan begitu, seorang pengusaha warung akan lebih mudah untuk menentukan cara yang tepat dalam mengelola keuangan usahanya.

Bagi para pemula, carilah referensi bisnis atau mentor pengusaha yang bisa memberikan pandangan dan solusi masalah secara obyektif.

Jadi nantinya Anda tidak akan tersesat ketika mengarungi samudera perbisnisannya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai referensi dalam menentukan tujuan usaha:

  • Dari mana asal modal bisnis?
  • Bagaimana cara mendapatkan pelanggan?
  • Apa strategi marketing & promosi yang digunakan?
  • Siapa target marketnya?
  • Seberapa besar keuntungan yang diharapkan perbulannya?
  • Dimana tempat berbisnis yang sesuai?
  • Apa yang akan dilakukan jika mendapat kendala?

Pengusaha warung juga tidak salah apabila ingin mencapai target penjualan perbulannya.

Caranya dengan menentukan produk apa saja yang paling laris per minggunya dan berapa banyak stok barang yang dibutuhkan dalam waktu satu bulan. Dari situ Anda bisa menentukan target penjualan berapa yang harus dicapai setiap bulannya.

Perencanaan Keuangan Usaha Warung

Perencanaan Keuangan Usaha Warung

Tahap selanjutnya adalah perencanaan keuangan usaha warung, caranya dengan membuat anggaran pendapatan dan pengeluaran perbulannya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengontrol keuangan usaha warung dalam jangka panjang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan keuangan usaha, yaitu:

Pendapatan

Pendapatan adalah seluruh uang yang masuk ke kas usaha, contohnya seperti hasil penjualan produk dan jasa.

Pengeluaran

Sedangkan pengeluaran adalah seluruh uang yang dikeluarkan dari kas usaha untuk membayar biaya operasional, promosi, atau mungkin karyawan dan lain sebagainya.

Modal Usaha berfungsi untuk menopang keberlangsungan usaha warung, caranya dengan menyiapkan dana cadangan atau tabungan agar ketika mendapat musibah seperti kerugian atau bencana alam, usaha masih dapat berjalan dengan lancar.

Aset Usaha

Aset usaha termasuk seluruh barang dan perlengkapan yang digunakan dalam operasional usaha, contohnya seperti mesin, komputer, mobil, bangunan tempat usaha dan lain sebagainya.

Keuntungan Usaha Warung

Setelah mengetahui cara mendapatkan keuntungan dari usaha warung, berikut beberapa tips cara agar keuntungan usaha tetap terjaga.

Keempat elemen ini haruslah Anda perhatikan sebaik mungkin. Dengan mempelajari membuat dan membaca laporan keuangan, Anda dapat menyimpulkan bagaimana langkah kedepannya.

Lakukan Perencanaan

Lakukan Perencanaan

Perencanaan keuangan yang baik akan memberikan gambaran bagaimana cara mengoptimalkan seluruh aspek dalam usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Perencanaan juga berguna untuk menentukan target penjualan dan keuntungan yang ingin dicapai tiap bulannya.

Jangan lupakan analisa!

Analisa usaha warung juga tidak kalah penting.

Caranya dengan menentukan produk apa saja yang paling laris dipasaran dan bagaimana cara mendapatkan pelanggan tetap.

Dengan begitu akan lebih mudah untuk memaksimalkan pendapatan usaha setiap bulannya.

Atur Anggaran Budget Secara Rutin

Atur Anggaran Budget Secara Rutin

Dengan mengatur anggaran budget secara rutin, Anda dapat memantau seberapa efisien cara pengelolaan keuangan usaha.

Contohnya, buatlah anggaran yang teratur setiap minggu/bulannya. Dengan cara budgetting ini, memisahkan dengan jelas antara pengeluaran berdasarkan kategorinya adalah tujuannya.

Membuat sebuah anggaran secara teratur akan memberikan gambaran bagaimana cara mengatur keuangan usaha agar tetap sehat dan profit.

Selain itu, dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik maka akan lebih mudah untuk menentukan tujuan usaha dan cara mendapatkan keuntungan maksimal.

Kelola Arus Kas Keuangan

Kelola Arus Kas Keuangan

Salah satu caranya dengan menjual produk terlaris dan membayar segera biaya operasional usaha seperti gaji karyawan jika ada dan biaya operasional yang ada.

Sedangkan cara ampuh untuk meningkatkan arus kas masuk adalah dengan cara menjual produk secara online agar dapat terus mendapatkan pelanggan baru setidaknya harus mendaftarkan warung dan gunakan fitur gratis dari google, yaitu Google My Business.

Putar Arus Kas

Putar Arus Kas

Pendapatan usaha berasal dari selisih antara harga jual produk dan biaya produksi. Untuk mendapatkan keuntungan, carilah cara untuk mengurangi biaya produksi dan sumber pendapatan lain yang dapat ditambahkan ke usaha.

Cara mendapatkan uang tambahan adalah dengan cara memanfaatkan barang yang tidak terpakai lagi seperti menjualnya kembali atau menggunakan barang tersebut sebagai modal untuk memulai usaha baru.

Penting disini konsistensi dan disiplin dalam menjalankan sebuah usaha.

Pisahkan Laba untuk Mengembangkan Usaha

memisahkan laba untuk mengembangkan usaha warung

Setelah mendapatkan keuntungan dari usaha, cobalah memisahkan uang masuk untuk mengembangkannya. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi Anda untuk memaksimalkan potensi usaha yang Anda miliki.

  1. Cara pertama adalah dengan cara membelanjakan uang hasil keuntungan toko 100% untuk modal usaha seperti membeli peralatan atau mesin baru, membuka cabang baru dan lain sebagainya.
  2. Cara kedua adalah dengan cara menginvestasikan uang hasil keuntungan untuk membeli aset usaha baru seperti sewa tempat atau perabotan dan perlengkapan toko.
  3. Cara ketiga adalah dengan cara menabung uang hasil keuntungan untuk ditambahkan modal usaha di masa yang akan datang.

Jangan Gunakan Uang Pribadi

mengatur keuangan usaha warung dengan baik dengan tidak menggunakan uang pribadi

Gunakanlah uang hasil keuntungan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Jangan gunakan uang pribadi untuk modal usaha karena hal ini akan berdampak negatif pada keuangan Anda.

Sebagai tambahan, cara terbaik adalah dengan cara menyimpan uang hasil keuntungan untuk ditabung.

Dengan cara ini, jika suatu saat usaha mengalami kerugian maka uang tabungan akan berguna untuk menutupinya.

Jadi gunakanlah cara-cara di atas agar usaha warung Anda selalu laba dan tetap berjalan dengan lancar.

Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan Dana Darurat

Tidak hanya mengatur anggaran dan pengelolaan keuangan yang baik, cara lain untuk memastikan usaha berjalan lancar adalah dengan cara menyiapkan dana darurat.

Cara ini akan sangat berguna ketika suatu saat usaha warung Anda sedang mengalami masalah finansial atau kerugian.

Tidak berharap, namun sebagai bentuk pencegahan.

Dengan adanya dana darurat maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatasi masalah finansial tersebut dan tetap fokus mengembangkan usaha.

Perhatikan: Harta, Uang dan Modal

Perhatikan Harta, Uang dan Modal

Dalam cara mengelola keuangan usaha warung, perhatikan tiga hal ini dengan seksama yaitu harta, uang dan modal.

Harta adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau individu.

Sedangkan uang adalah nilai tukar dari harta tersebut dan modal adalah uang yang digunakan untuk memulai atau mengembangkan usaha.

Dari ketiga hal tersebut, cara mendapatkan harta dengan cara menjual produk atau membeli aset usaha seperti tanah atau bangunan.

Setelah harta terkumpul, carilah untuk mendapatkan dana penjualan dari produk terlaris agar dana darurat yang disediakan bisa digunakan ketika diperlukan.

Langkah selanjutnya mencari cara untuk meningkatkan modal usaha warung Anda supaya tetap berdiri dan bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Mempekerjakan Tenaga Profesional

Mempekerjakan Tenaga Profesional

Tidak semua orang bisa mengelola keuangan usaha dengan baik.

Dalam hal ini dan bisnis yang semakin maju, pekerjakanlah tenaga profesional yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan warung.

Tenaga profesional di bidang keuangan ini biasanya disebut sebagai akuntan atau konsultan keuangan. Jika Anda tidak ingin repot-repot, Anda juga bisa mencari jasa akuntansi online yang terpercaya dan berkualitas atau menggunakan aplikasi pembukuan yang tersebar luas secara gratis di HP-mu.

Cara ini akan sangat berguna dalam memastikan keuangan usaha warung Anda selalu dalam kondisi yang baik dan sehat.

Bedakan antara: Akunting dan Kasir

Dalam cara mengelola keuangan usaha warung (dalam skala yang lebih besar), Anda juga perlu bedakan antara akuntansi dan kasir.

Akuntansi adalah proses pengumpulan, penyusunan, analisis, interpretasi dan pengelolaan data finansial yang akan digunakan untuk memberikan informasi kepada para pemilik atau manajemen perusahaan. Sedangkan kasir adalah orang yang bertugas melakukan transaksi jual-beli di sebuah toko atau warung.

Poinnya, jangan sampai memberikan pekerjaan kepada satu orang untuk melakukan keduanya untuk meminimalisir manipulasi laporan keuangan.

Perhatikan Kontrak Pihak Ketiga

Perhatikan Kontrak Pihak Ketiga

Tidak berbeda dengan minimarket, cara selanjutnya dalam cara mengelola keuangan usaha warung adalah dengan cara perhatikan kontrak pihak ketiga.

Setiap bisnis pasti memiliki hubungan atau kerjasama dengan pihak lain seperti mitra, vendor atau supplier. Memastikan bahwa semua kontrak yang ada berisi penyebutan jelas tentang bagaimana caranya melakukan transaksi baik itu untuk pembayaran maupun pelaporan keuangan.

Tujuan yang lainnya adalah mencegah adanya penyelewengan yang akan terjadi di kemudian hari.

Membuat Buku Catatan Keuangan

pencatatan dan pembukuan laba warung

Setelah melakukan cara-cara di atas, cara lain untuk mengelola keuangan usaha warung adalah dengan cara membuat buku catatan keuangan.

Buku ini berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan uang dan keuangan yang ada dalam bisnis seperti anggaran bulanan, catatan pemasukan dan pengeluaran, serta rekapitulasi laba rugi perbulannya.

Hal ini juga berlaku sebagai salah satu cara membuat pembukuan di warung sembako yang bisa dibuat secara manual dan sederhana.

Edukasi Diri Anda sendiri dan Karyawan

Edukasi Diri Anda sendiri dan Karyawan

Mengelola seluruh operasional atau keuangan dengan cara edukasi diri Anda sendiri terhadap segala hal yang berhubungan tokomu secara keseluruhan adalah sifat utama dari para pengusaha.

Cobalah untuk mendalami segala sesuatu tentang cara mengelola uang agar bisa lebih baik lagi dalam memanajemenya.

Edukasi juga karyawan Anda agar mereka tahu bagaimana caranya melakukan transaksi finansial yang benar dan baik.

Jika perlu, mintalah mereka untuk membaca artikel cara mengelola keuangan usaha warung seperti ini.

Setelah itu, berikan pengetahuan lebih lebih sebuah pelatihan kepada karyawan Anda secara rutin agar mereka tahu bagaimana caranya mengelola uang dengan baik.

Gunakanlah Alat Bantu Seperti Software

Gunakanlah Alat Bantu Seperti Software

Untuk mempermudah perencanaan keuangan usaha warung Anda, sebaiknya gunakan aplikasi manajemen keuangan. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengelola, mengatur, dan melakukan analisis secara detail sehingga lebih efektif dan efisien.

Software tersebut dapat dicoba dan diunduh secara online dan gratis di Google Play/App Store untuk membantu sebagai alat bantu aplikasi kasir seperti:

  • BukuWarung
  • BukuKas
  • BukuMitra
  • eKAS
  • Kledo
  • Payfazz
  • Finansialku
  • Majoo

Cara mengelola keuangan usaha warung bukanlah hal yang sulit apabila Anda telah menentukan tujuan dan melakukan perencanaan dengan baik.

Selain itu juga, dengan menggunakan aplikasi manajemen keuangan seperti aplikasi pembukuan diatas sangat mampu mempermudah kemajuan toko Anda.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop