Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢

Wajib Tau! 32 Peluang Usaha Menjanjikan di Kampung

Peluang usaha yang menjanjikan di kampung terbuka luas bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungannya.

Dalam menyetabilkan dan turut meningkatkan perekonomian nasional, tidak diragukan lagi kontribusi perputaran uang yang ada di desa cukup signifikan.

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir program yang diselenggarakan pemerintah dalam sektor ini terlihat semakin menjanjikan.

Program pembangunan di desa yang menjadi pusat perhatian pemerintah dari tahun ke tahun seperti inilah yang seharusnya kita support dan dukung.

Apa saja peluang usaha yang menjanjikan dan sedang berkembang?

Usaha apa yang cocok untuk pemula?

Jualan apa saja yang paling laku di kampung?

Berikut beberapa referensi peluang usaha di pedesaan yang cukup menjanjikan dan tak lekang oleh waktu, diantaranya:

Jualan Pulsa & Perlengkapan HP

jualan pulsa

Usaha jualan pulsa & aksesoris HP di pedesaan terbilang cukup menjanjikan.

Jika Anda memilih usaha jualan pulsa ini, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar 2-5% dari total jumlah transaksi. Selain itu, usaha ini dapat Anda jalankan secara mandiri atau bersama teman-teman di desa.

Untuk mencari supplier, Sobat Latoko bisa memanfaatkan aplikasi Jual pulsa murah atau platform supplier B2B (Business to Business) untuk mendapatkan informasi tentang harga termurah yang akan dijual di pedesaan.

So, jangan ragu untuk mengambil langkah pertama Anda sekarang!

Token Listrik

jualan token

Selain Jualan Pulsa, usaha token listrik juga merupakan peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Anda bisa memulai dengan modal awal sekitar Rp 20 ribu-Rp 30 ribu per orang. Jika Anda sudah berhasil membangun kepercayaan para pembeli, maka usaha ini dapat Anda buka untuk beberapa sumber daya manusia (SDM).

Untuk mendapatkan informasi tentang harga dan model token listrik yang akan ditawarkan oleh usaha ini, Anda bisa mencari tahu dari PT. PLN sebagai penyedia jasa listrik di pedesaan.

Usaha Pertanian Hidroponik

Usaha pertanian hidroponik di pedesaan bisa menjadi solusi untuk membantu para petani mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pertanian hidroponik adalah proses budidaya tanaman dengan sistem penyiraman air yang terkontrol secara otomatis. Jadi, usaha ini tidaklah berisiko tinggi karena Anda akan mendapatkan informasi tentang bagaimana cara memulai dan mengelola usaha ini dari ahlinya.

Di samping itu, usaha pertanian hidroponik dapat membantu petani mendapatkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang relatif singkat. Jadi, ini bisa menjadi peluang usaha di pedesaan yang sangat menjanjikan untuk Anda dan teman-teman.

Jualan Jajanan Pasar

jualan jajanan pasar

Jajanan pasar di pedesaan biasanya menjadi favorit warga sekitar. Jadi, jualan jajanan pasar di kampung bisa menjadi usaha yang cocok untuk Anda dan teman-teman.

Awalnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu besar. Jadi, Sobat Latoko bisa memulai usaha ini dengan modal sekitar Rp 50 ribu per orang.

Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan promosi kecil-kecilan untuk memperkenalkan jajanan pasar kepada para pembeli. Jika usaha ini berhasil, Anda dan teman-teman bisa memaksimalkan potensi bisnis dengan menjalankannya secara berkelompok.

Ternak Ayam

ternak ayam di desa

Ternak ayam kampung bisa menjadi peluang usaha di pedesaan yang sangat menjanjikan. Jika Anda memilih untuk berternak ayam, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 20.000 per ekor ayam.

Jadi, jika Anda ingin memulai usaha ini dengan modal yang relatif kecil, maka Anda hanya perlu berinvestasi sebesar Rp 2 juta per orang. Selain itu, bisnis ini dapat dilakukan secara online sehingga Sobat Latoko tidak perlu khawatir dengan biaya transportasi.

Di salah satu akun youtube Peternak Putra Kembar, dengan beternak ayam kampung ini di desa ternyata sangat laku dan mampu menghasilkan 8jt/bulannya! Fantastis bukan!

Jasa Potong Rambut

peluang tukang cukur dan potong rambut di desa

Jasa potong rambut di desa bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Jika Anda memilih usaha ini, maka Soabt Latoko hanya perlu mempersiapkan seperangkat peralatan lengkap untuk pemotong rambut dan tata rias. Juga persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mendapat izin berpotong rambut oleh pemerintah setempat.

Selain itu, jasa potong rambut yang teratur dan profesional akan semakin mendatangkan pembeli.

Jadi, usaha ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok untuk Anda dan teman-teman di pedesaan.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini ya Sobat Latoko!

Jika masih merasa bingung dalam memulai usaha di pedesaan, maka Sobat Latoko tak perlu khawatir.

Jalan keluarnya adalah belajar dengan orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya atau langsung terjun menjadi pegawai di tempat tertentu.

Selain itu, selalu belajar terus agar usaha yang dibangun bisa berkembang dengan pesat.

Jasa Menjahit

menjahit

Jasa menjahit di pedesaan bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Jika Anda memilih untuk berjualan jasa menjahit, Sobat Latoko perlu belajar dasar-dasar menjahit seperti memotong, merapihkan, dan menyulam.

Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000 per potong jahitan.

Jadi, dengan modal yang relatif kecil, Sobat Latoko bisa memulai usaha ini di desa dan menjadikannya bisnis utama.

Jualan Beragam Jenis Bibit Tanaman

bibit tanaman

Jualan beragam jenis bibit tanaman di desa merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Jika Anda memilih usaha ini, Sobat Latoko perlu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat permintaan dan harga jual masing-masing bibit tanaman.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli bibit tanaman dan mengembangkannya di pekarangan rumah. Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam waktu yang relatif singkat.

Jasa Servis Elektronik

jasa service

Jasa servis elektronik di pedesaan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Jika Anda memilih usaha ini, Sobat Latoko perlu membuat seperangkat alat-alat dan peralatan untuk mejalankan usaha tersebut agar profesional.

Selain itu, usaha ini juga perlu ditunjang dengan pengetahuan dasar tentang dunia reparasi ponsel dan alat elektronik lainnya.

Usaha Jasa Titip (Jastip)

jasa titip barang

Jika Sobat Latoko memiliki kemampuan dalam berbisnis, maka Jastip merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Jasa Jastip banyak dicari oleh mahasiswa, pelajar, dan karyawan di sekitar desa. Jadi, Sobat Latoko bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Jika Sobat Latoko tertarik untuk memulai usaha Jastip, maka Anda hanya perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui produk apa yang banyak dicari di pedesaan.

Jika usaha Jastip berhasil, Sobat Latoko akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan investasi modal yang relatif kecil.

Toko Kelontong & SPBU Mini

Toko Kelontong & SPBU Mini

Toko kelontong di pedesaan sangat penting sebagai tempat para warga mendapatkan kebutuhan pokok sehari-hari.

Jika Anda ingin memulai usaha ini, Sobat Latoko perlu bermitra dengan SPBU mini terdekat. Anda bisa menjual minyak tanah atau solar untuk motor dan mobil kepada warga sekitar secara langsung.

Pastikan juga menggunakan nama toko sembako yang membawa rezeki.

Selain itu, usaha ini juga perlu ditunjang dengan tempat usaha yang strategis agar mudah terlihat oleh para pelanggan. Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 2.000 – Rp 3.000 per liter minyak tanah atau solar.

Jualan Tanaman Hias

tanaman hias

Jualan tanaman hias di pedesaan bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini, Sobat Latoko perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui pasar produk masing-masing tanaman hias.

Selain itu, usaha ini juga perlu dilengkapi dengan kelengkapan lain seperti pot, vas, dan alat-alat untuk membantu pemeliharaan. Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 5.000 – Rp 20.000 per tanaman hias ini.

Pembuatan Pot dari Tanah Liat (Grabah)

peluang pot dan tanah liat

Jika Sobat Latoko memiliki kemampuan dalam kerajinan, maka pembuatan pot dari tanah liat sangatlah cocok untuk Anda. Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 10.000 – Rp 25.000 per pot yang Anda buat.

Lumayan banget kan?

Kerajinan Tangan Unik

peluang bisnis kerajinan tangan unik

Kerajinan tangan sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi dalam bidang seni dan kerajinan. Jika Sobat Latoko tertarik untuk memulai usaha ini, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui pasar produk masing-masing kerajinan tangan unik.

Selain itu, usaha ini juga perlu ditunjang dengan kelengkapan lain seperti peralatan, bahan baku dan tempat usaha yang strategis agar mudah terlihat oleh para pelanggan.

Jualan Aneka Jenis Mebel

furniture dan mebel di desa

Jika Sobat Latoko tertarik untuk memulai usaha Jualan Aneka Jenis Mebel di Kampung, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui pasar produk masing-masing jenis mebel.

Selain itu, usaha ini juga perlu ditunjang dengan kelengkapan lain seperti peralatan, bahan baku dan tempat usaha yang cukup strategis agar mudah terlihat oleh para pelanggan.

Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar 50% – 60% dari setiap mebel yang Anda jual.

Menjadi Agen Elpiji 3kg & 12kg

agen lpg di desa

Dalam peluang usaha di desa ini, Anda bisa memanfaatkan program jual beli Elpiji 3kg & 12kg dengan menjadi agennya.

Untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini Sobat Latoko perlu menggandeng mitra yang ada di pedesaan.

Anda bisa merekrut para konsumen abal-abal dengan berbagai cara seperti mempromosikan usaha ini di saat kegiatan kampung diselenggarakan.

Jualan Aneka Jus

peluang es jus di desa

Usaha jualan jus buah dan jus sayuran di desa bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Jika Sobat Latoko tertarik untuk memulai usaha ini, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui pasar produk masing-masing jenis jus buah apalagi ditambah pilihan jus vegetarian seperti sayur-sayuran.

Selain itu, usaha ini juga perlu ditunjang dengan kelengkapan lain seperti peralatan, bahan baku dan tempat usaha yang cukup strategis agar mudah terlihat oleh para pelanggan.

Jika usaha ini berhasil, Sobat Latoko bisa mendapatkan keuntungan sebesar 40% – 50% dari setiap jus buah dan jus sayuran yang Anda jual.

Membuka Toko Bangunan

usaha toko bangunan

Kerap kali kita masih belum memahami secara lengkap tentang usaha ini.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa biasanya yang membuka usaha adalah dia yang dulu juga pernah menjadi karyawan di toko tertentu.

Jika Anda cukup jeli melihat peluang, usaha ini dapat diambil satuan dari mereka yang langsung produksi sehingga Anda sebagai pemilik toko hanya menjadi penadah saja.

Servis Motor

service motor

Dalam peluang usaha di desa ini, Anda bisa memanfaatkan program Jasa servis motor dan mobil dengan menjadi agennya. Untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini Sobat Latoko perlu menggandeng mitra yang ada di pedesaan.

Motor yang rusak atau sekedar pergantian oli di desa juga banyak permintaannya sehingga potensi bisnis ini akan terus berjalan setidaknya 5 tahun operasionalnya.

Jangan lupa rekrut juga tetangga sebelah apabila membutuhkan tenaga bantuan tambahan!

Jual Beli Ikan Hias

jualan ikan hias di kampung

Usaha yang satu ini sangat menjanjikan ditambah dengan maraknya trend ikan hias yang tetap stabil. Salah satunya di tahun 2022 ini yang masih mengalami pertumbuhan adalah ikan Chana dan Gapi.

Sobat Latoko tinggal memilih menjadi tukang pembenihan/pembibitan, pembesaran ataupun jadi langsung penjualnya!

Cukup jeli melihat potensi dan keinginan konsumen dalam daerah adalah hal mutlak yang harus bisa direncanakan dan dilakukan oleh seorang pelaku usaha.

Pintar-pintar mencarinya ya..

Ternak Lele

peluang ternak lele di desa

Peluang usaha di desa berikutnya datang dari sektor peternakan. Salah satunya adalah dengan membuka usaha ternak lele.

Ternak lele menjadi peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan selain memberikan keuntungan juga bermanfaat bagi kesehatan.

Anda perlu menyediakan bibit lele, pemeliharaan dan pengolahan lele sesuai standar mengelolanya.

Buka Jasa Katering

jasa catering

Siapa bilang peluang usaha katering hanya untuk daerah perkotaan? Sebenarnya, bisnis kuliner ini juga laku di desa-desa.

Jika Sobat Latoko tertarik untuk menekuni usaha katering di pedesaan, Sobat Latoko bisa mulai dengan membuka usaha secara kecil-kecilan.

Jualan soto, mie ayam, lontong sayur, dan beragam menu masakan rumahan lainnya secara rutin seminggu sekali adalah ide bagus yang dapat Anda terapkan.

Jika sudah mulai terlihat pelanggan setia dan mendapat kepercayaan dari penduduk desa, tentunya usaha Anda akan semakin berkembang.

Usaha Jualan Parfum Refill & Literan

usaha parfum refill

Dalam peluang usaha di desa ini, Anda bisa memanfaatkan program Jualan refil & literan dengan menjadi agennya. Untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini Sobat Latoko perlu menggandeng mitra yang ada di pedesaan.

Jualan parfum refill dan literan merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena permintaan pasarnya semakin tinggi saja.

Prospek usaha parfum refill dan literan di desa adalah usaha yang menguntungkan bagi para pedagang. Parfum refill memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan botol parfum biasa.

Kelebihan pertama, harganya lebih murah. Hal ini karena botol parfum biasa harus dibuat dari bahan-bahan mahal, seperti kristal atau akrilik bermotif. Sebaliknya, botol parfum refill dapat dibuat dari bahan-bahan yang lebih murah, seperti plastik.

Kelebihan kedua, botol parfum refill dapat diisi ulang berulang kali. Ini berarti para pedagang tidak perlu membeli botol baru setiap kali mereka ingin menjual parfum.

Kelebihan ketiga, botol parfum refill lebih ringkas dan mudah dibawa.

Jualan Sayur dan atau Buah

jualan sayuran dan buah

Prospek jualan sayur dan buah-buahan di kampung mempunyai pasar yang baik dan tentunya ramai.

Oleh karena itu, bisnis jualan sayur dan buah-buahan di kampung sangat menjanjikan. Terlebih, saat ini banyak sekali masyarakat yang peduli dengan kesehatannya, sehingga mereka cenderung untuk memilih sayur dan buah-buahan segar daripada yang telah diolah.

Untuk mendapatkan pelanggan yang puas, Anda harus menjual produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar. Selain itu, rasa, aroma dan produk yang fresh juga penting untuk diperhatikan.

Jadi, pastikan untuk menyediakan produk yang enak dan diunggulkan agar pelanggan betah berbelanja di toko Anda.

Penginapan, Kos atau Kontrakan

penginapan kos di desa

Jika Sobat Latoko tinggal di sebuah desa dengan potensi wisata yang besar, maka mempersiapkan rumah sendiri untuk siap dihuni oleh wisatawan dapat menjadi peluang bisnis di kampung halaman.

Pertama, siapkanlah fasilitas mendasar seperti tempat tidur, televisi, dan akses internet. Wi-fi sangat penting bagi kebanyakan orang saat ini jadi pastikan untuk menyediakannya.

Kedua, buatlah tamansendiri di depan rumah Anda sebagai daya tarik tersendiri. Taman cantik akan memberi kesan positif pada tamu Anda. Jadi, buatlah sebaik mungkin.

Ketiga, siapkan juga kamar mandi yang bersih dan nyaman agar tamu betah tinggal di rumah Anda. Jika memungkinkan, sediakan fasilitas makan untuk para tamu agar mereka tidak perlu repot-repot mencari tempat makan.

Prospek usaha kos dan kontrakan di desa sangat bagus, terlebih jika desa Anda berada di sekitar obyek wisata, pusat pendidikan/kampus atau daerah industri.

Usaha Depot Isi Ulang Galon (Refill)

Depot-air-minum-isi-ulang

Di desa manapun, air bersih dan segar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan.

Inilah sebabnya mengapa bisnis depot isi ulang galon menjadi semakin populer di banyak masyarakat.

Terlepas dari potensi keberhasilan yang besar dalam industri ini, memulai dan mengembangkan usaha stasiun pengisian ulang air dapat menjadi tantangan.

Pada akhirnya, dengan perencanaan dan persiapan yang matang untuk berbagai tuntutan pasar, para pengusaha harus bisa mempersiapkan diri untuk kesuksesan jangka panjang dalam bisnis isi ulang galon ini.

Usaha Sewa/Jual Alat Pertanian

jualan alat pertanian

Desamu berada di daerah pertanian yang kaya akan pertanian? Usaha ini sangat kami rekomendasikan!

Walaupun membutuhkan modal yang cukup banyak untuk menggerakkan bisnis ini, namun peluangnya sangat baik di pedesaan. Cobalah untuk melirik jenis bisnis ini mengingat target pasar yang sangat jelas.

Terlebih sudah memasuki musim panen atau menanam, permintaan akan melonjak tinggi untuk semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Tidak lupa dengan menggunakan nama yang memberikan keberkahan pada tokomu.

Reseller

reseller

Reseller di pedesaan telah menjadi salah satu target pemasaran yang efektif oleh berbagai brand nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai sektor seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya.

Karenanya, reseller juga merupakan salah satu peluang usaha yg menjanjikan di desa. Bahkan menjadi reseller dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di kampung jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada.

Usaha reseller di kampung memiliki keuntungan yaitu reseller mendapatkan harga yang jauh lebih murah dan mudah untuk mendapatkan stok barang. Selain itu reseller juga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggannya dan juga dapat membuka toko online untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak lagi.

Bengkel Las & Bubut

usaha bubut dan las di desa

Banyak masyarakat di kampung yang biasanya hanya menggunakan las dan bubut untuk keperluan pribadi atau keluarga.

Jika Sobat Latoko ingin berbisnis di bidang otomotif, membuka bengkel las dan bubut merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Sobat Latoko memiliki skill di bidang ini, maka Sobat Latoko bisa mulai dengan usaha secara kecil-kecilan dan berkembang sampai kemudian saatnya anda mengembangkan usaha tersebut hingga mempunyai bengkel yang lebih besar dan lain sebagainya.

Target pasar dari bengkel las ini bermacam-macam sesuai dengan bahan yang di las, seperti besi, baja maupun stainless steel.

Jasa Bimbel Anak-Anak

jasa bimbel dan les di desa

Saat ini, usaha bimbingan belajar semakin populer dan menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di kampung.

Jika Sobat Latoko memiliki kemampuan dalam bidang pengajaran anak-anak maka Sobat Latoko dapat membuka bimbel anak-anak untuk pelajaran sekolah dasar dan menengah.

Jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kampung yang tinggal dekat dengan sekolah atau yang jaraknya cukup jauh dari sekolah.

Usaha Jualan Makanan Ringan

makanan ringan

Terakhir, adalah jualan makanan ringan.

Makanan ringan seperti gorengan dan kripik adalah makanan khas Indonesia yang tidak pernah sepi peminat.

Oleh karena itu, jualan makanan ringan bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

Untuk memulai, Anda bisa mendirikan gerai makanan ringan dengan harga yang murah dan terjangkau oleh semua kalangan.

Jika sudah berhasil membangun nama dan kepercayaan dari pembeli setia, Anda bisa mulai melakukan diversifikasi produk untuk meningkatkan omzet bisnis Anda.

Misalnya saja, Anda menambah varian makanan seperti keripik udang, keripik tahu, ataupun kripik ikan.

Jadi, peluang usaha di desa ini terbuka lebar untuk Anda yang tertarik dan berani mencoba!

#BONUS Tips# Jualan Makanan & Minuman Kekinian Modal Terbatas di Desa yang Laku

Mungkin Anda bertanya-tanya, jualan makanan & minuman kekinian seperti apa.

Di era yang serba maju dan canggih ini, pastikan Sobat Latoko mampu melihat potensi yang ada.

Jualan ini adalah dengan membuka toko di Gofood, Shopee Food, Traveloka Eats & Grab Food. Produk dagangan yang dijualpun dapat bermacam-macam seperti salah satunya makanan & minuman kekinian tanpa membutuhkan sebuah booth jualan karena sifatnya rumahan (homemade).

Siapa sangka ternyata sifat konsumtif masyarakat mendorong meningkatnya “membeli dengan serba praktis”?

Jadi apakah Sobat Latoko ingin mencoba referensi terakhir ini yang juga memiliki potensi pertumbuhan usaha yang baik?

Nah, dengan peluang usaha di desa seperti diatas dapat dijalankan bahkan untuk pemula. Sobat Latoko bisa langsung menjalankan salah satu bisnis diatas tanpa perlu khawatir modal terbatas.

Jadi, yuk segera coba! Jangan sampai Anda tumpul atas peluang usaha seperti yang sudah ditulis diatas. Sukses dan berkah selalu buat Anda! 🙂

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop