Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
desain bangunan warung sembako
desain bangunan warung sembako

Ide Desain Toko Sembako di Rumah Unik Bikin Nyaman Pembeli

Desain toko sembako di rumah bisa saja diatur dengan rapi agar pembeli tertarik untuk datang, bahkan sampai berlangganan.

Buang jauh-jauh pemikiran bahwa toko sembako itu kuno dan lusuh karena Anda bisa berinovasi dengan menghadirkan model toko sembako modern.

Mari ketahui selengkapnya di sini!

Prospek Usaha Toko Sembako

Usaha toko sembako menjadi peluang usaha menjanjikan untuk yang bermodalkan terbatas.

Bisnis semacam ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga tak heran bahwa toko sembako tetap ramai pembeli selama pandemi kemarin.

5 Desain Toko Sembako di Rumah

Jika ingin memulai usaha secara praktis, terdapat opsi untuk melakukannya dari rumah. Sebab, berbisnis dari rumah berarti Anda bisa menghemat biaya sewa dan lebih bebas berinovasi.

Yuk, dapatkan kiat-kiat desain toko sembako di rumah!

1. Toko Sembako Sederhana di Garasi

Pernahkah Anda mendengar konsep garage sale?

Metode tersebut populer di negara-negara barat sebagai cara menjual barang bekas secara ekonomis.

Nah, membuka toko sembako sederhana di garasi juga bisa dilakukan dalam berbisnis sembako.

Kebanyakan garasi memang cenderung sempit, namun Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan rak berukuran kecil hingga sedang. Rak display pun dapat berupa kabinet kaca jika ingin barang jualan lebih terlindungi.

Supaya suasananya semakin nyaman, toko sembako di garasi pun boleh ditutup dan ditambah dengan pendingin ruangan atau AC.

Jangan lupa memasang lampu agar pencahayaan memadai di model toko sembako modern milik Anda.

2. Manfaatkan Teras Rumah

Selain garasi, teras rumah juga cocok dijadikan tempat bisnis sembako. Terlebih, letaknya mudah diketahui oleh orang-orang yang lewat.

Agar mudah diakses pelanggan, Anda dapat menyusun rak berbentuk U atau setidaknya memahami tentang cara menata warung sembako kecil agar terlihat menarik.

Dengan begitu, pengunjung dapat melihat barang dagangan dari dekat.

3. Sediakan space khusus di dalam rumah

Bagaimana jika tidak ingin menggunakan garasi atau teras rumah? Tidak masalah, masih ada opsi untuk mengadakan space khusus toko di dalam rumah.

Sulap saja bagian yang paling dekat dengan bagian luar rumah supaya pengunjung mudah menemukan toko Anda.

Bagian tersebut juga bisa direnovasi untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja, misalnya menambahkan jendela dan display nama toko.

4. Kombinasi Toko Sembako dan Warung Kopi

Desain toko sembako di rumah akan semakin lengkap jika dikombinasikan dengan warung kopi, apalagi jika ingin menghadirkan model toko sembako modern atau konsep minimarket rumahan.

Pelanggan pun bebas nongkrong sambil ngopi setelah berbelanja. Kombinasi antara kedua tipe bisnis ini juga dapat dikembangkan dengan mengeluarkan inovasi menu kopi.

5. Toko Sembako Simpel

Apabila tidak memiliki ruang yang cukup luas untuk menerima banyak pelanggan, Anda dapat mengandalkan penjualan online secara praktis.

Untuk melakukannya, siapkan ruang beserta rak untuk menampung barang dagangan.

Selanjutnya, gencarkan pemasaran melalui media sosial dan e-commerce. Anda juga bisa memasang iklan digital agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Tips Sukses Toko Sembako

Mengetahui besarnya peluang bisnis toko sembako, banyak orang yang turut berusaha merintisnya.

Begini cara sukses berbisnis toko sembako:

1. Susun Rencana Bisnis

Menjalankan bisnis tentu memerlukan perencanaan komprehensif. Sebagai tahap awal dalam menyusun perencanaan bisnis, kenali terlebih dahulu siapa target pasarnya.

Karena memulai usaha toko sembako di rumah, target pasar bisa berupa tetangga sekitar tempat tinggal. Lalu, cari tahu kira-kira rentang penghasilan dan apa saja kebutuhan mereka.

Dengan begitu, Anda mampu menyediakan solusi bagi target pasar.

2. Atur Anggaran

Seperti bisnis lain, berjualan sembako juga memerlukan pengaturan keuangan yang tepat. Dari mana modal akan diperoleh?

Lalu, hitung perkiraan pendapatan dari penjualan sembako. Mengelola kondisi keuangan pun kini bisa dilakukan dengan mudah karena sudah ada software dan aplikasi keuangan yang dilengkapi berbagai fitur bermanfaat.

3. Tata Layout Toko

Kunci dalam menghadirkan model toko sembako modern adalah mengutamakan nilai estetika serta akses pelanggan. Buatlah tata layout agar konsumen mudah memilih produk dan mengambil barang.

Penataan layout dapat berupa rak snack minimalis yang ditempatkan di ujung setiap jejeran rak atau bisa juga pada seberang kasir.

4. Selalu Pastikan Kualitas Barang

Aktivitas quality control tidak boleh terlewatkan dalam berjualan. Pastikan bahwa semua produk sembako yang dijual masih jauh dari tanggal kedaluwarsa, juga jangan sampai segelnya rusak. Sehingga, konsumen selalu senang berbelanja di toko Anda

5. Pahami Kompetitor Anda

Perhatikan berbagai aspek dari kompetitor usaha Anda, terutama soal penetapan harga. Dari situ, Anda dapat menentukan harga yang pas agar mampu bersaing dengan penjual lain. Pahami juga konsep toko sampai strategi pemasaran kompetitor sebagai inspirasi untuk usaha Anda.

Menjalankan toko sembako memang terdengar menarik dan relatif simpel, namun tetap memerlukan perencanaan yang optimal.

Sudahkah Anda siap merintis usaha? Ini giliran Anda unjuk desain toko sembako di rumah untuk menarik banyak pelanggan!

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop