Inspirasi Sukses dari 5 Produk UMKM yang Berhasil Menembus Pasar Internasional
Inspirasi Sukses dari 5 Produk UMKM yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Inspirasi Sukses dari 5 Produk UMKM yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Indonesia memiliki banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berkembang pesat dan sukses dalam memasuki pasar internasional.

Keberhasilan UMKM ini merupakan inspirasi bagi banyak pengusaha, terutama bagi mereka yang baru memulai usaha dan berencana memasuki pasar internasional.

Dalam artikel ini, kami akan memaparkan tujuh contoh UMKM Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional dan meraih kesuksesan di kancah global.

Pertumbuhan Pasar Global untuk UMKM Indonesia

Dalam era kemajuan teknologi dan informasi, pasar global menjadi semakin terbuka dan mudah diakses oleh para pelaku bisnis di seluruh dunia.

Pertumbuhan ekonomi ini memberikan peluang besar bagi UMKM Indonesia untuk memasuki pasar internasional dan meningkatkan pangsa pasar global.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2020, terdapat sekitar 64 ribu UMKM yang melakukan ekspor-impor, dengan total nilai ekspor sebesar Rp 249,93 triliun, sedangkan nilai impor sebesar Rp 175,7 triliun.

Angka ini menunjukkan potensi besar bagi UMKM Indonesia untuk memasuki pasar internasional.

Pasar global yang semakin terbuka memberikan peluang bagi UMKM Indonesia untuk memperluas jangkauan bisnis mereka. Dengan memasuki pasar internasional, UMKM Indonesia dapat meningkatkan pangsa pasar global dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu, memasuki pasar internasional juga dapat membantu UMKM Indonesia dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, sehingga dapat bersaing dengan para pelaku bisnis internasional.

Namun, memasuki pasar internasional juga memiliki tantangan tersendiri bagi UMKM Indonesia.

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah perbedaan budaya dan bahasa antara negara yang menjadi target pasar.

Sehingga menjadi sangat penting untuk melakukan riset pasar yang mendalam dan memahami karakteristik pasar yang dituju.

UMKM Indonesia yang go-internasional juga perlu memperhatikan regulasi dan persyaratan yang berlaku di negara target pasar. Hal ini penting untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku di negara tersebut.

Untuk memasuki pasar internasional, UMKM Indonesia dapat memanfaatkan berbagai platform e-commerce global seperti Amazon, eBay, dan Alibaba. Bahkan para pelaku UMKM juga dapat berpartisipasi dalam pameran internasional dan memanfaatkan jaringan bisnis yang ada.

Dalam memasuki pasar persaingan global, para pelaku UMKM juga diharuskan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dan peningkatan kualitas produk secara terus-menerus.

Singkatnya, pasar global yang semakin terbuka memberikan peluang besar bagi UMKM Indonesia untuk memasuki pasar internasional dan meningkatkan pangsa pasar global.

Menjajaki Pasar Internasional: Langkah Awal yang Harus Dilakukan

UMKM Indonesia yang ingin memasuki pasar internasional harus melakukan persiapan yang matang dan melakukan penjajakan terlebih dahulu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar dan mencari informasi tentang kebutuhan pasar internasional serta persaingan yang ada.

Sebelum melakukan riset pasar, UMKM harus memiliki pemahaman yang baik tentang produk atau layanan yang akan dijual. UMKM harus memastikan bahwa produk atau layanan tersebut memiliki keunggulan yang dapat bersaing di pasar internasional.

Selain itu, UMKM juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga, kualitas, dan keunikan produk atau layanan.

Setelah melakukan riset pasar, UMKM harus mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk pasar internasional. UMKM harus mempertimbangkan perbedaan budaya dan bahasa dalam strategi pemasaran mereka. UMKM juga harus mempertimbangkan media sosial dan platform digital yang digunakan di pasar internasional.

Para pelaku tersebut diharuskan untuk mempersiapkan sertifikasi produk atau layanan yang akan dijual, serta melengkapi izin-izin yang dibutuhkan. Persiapan administrasi ini sangat penting untuk memastikan legalitas bisnis UMK di pasar internasional.

Sehingga menjadi penting untuk memilih mitra logistik yang dapat diandalkan dan memiliki pengalaman dalam mengirimkan produk atau layanan ke pasar internasional.

Terakhir, UMKM harus mempertimbangkan faktor keuangan dalam memasuki pasar internasional. Mempersiapkan anggaran yang cukup untuk memasuki pasar internasional dan mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan melakukan penjajakan terlebih dahulu, semua pelaku UMKM yang ingin go-internasional memiliki potensi yang sama dan berhasil berkompetisi di pasar internasional.

Baca juga: 15 Daftar Produk Laku Keras Warung Sembako yang Harus Ada

5 Contoh UMKM Indonesia yang Sukses Menembus Pasar Internasional

Indonesia memiliki banyak UMKM yang memiliki potensi untuk berkembang dan bersaing di pasar global.

Berikut adalah tujuh contoh UMKM Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional dan meraih kesuksesan di kancah global:

Eiger Adventure

eiger

Menjadi yang paling relate untuk contoh usaha UMKM yaitu Eiger Adventure.

Eiger Adventure merupakan perusahaan pembuat dan distributor produk perlengkapan outdoor yang didirikan pada tahun 1991.

Produk-produk Eiger Adventure telah berhasil masuk ke negara-negara seperti Jepang, Malaysia, Singapura, dan Amerika Serikat. Perusahaan ini selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Eiger Adventure juga sering melakukan inovasi pada produk-produknya agar tetap up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan pasar global.

Dalam menghadapi persaingan global, Eiger Adventure selalu memperhatikan aspek-aspek penting seperti kualitas produk, kecepatan pengiriman, dan pelayanan pelanggan yang baik dengan menggunakan aplikasi kasir terbaik.

Hal ini membuat Eiger Adventure dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar di pasar global.

Byo Living

byoliving

Byo Living merupakan perusahaan yang memproduksi produk dekorasi rumah yang terbuat dari limbah kertas, seperti lampu hias dan kertas dinding.

BYO Living atau “Bring Your Own Living” adalah konsep baru yang sedang berkembang dalam industri properti di seluruh dunia.

Konsep ini menawarkan solusi berkelanjutan untuk masalah perumahan dan lingkungan dengan menyediakan rumah yang terintegrasi dengan sistem pertanian hidroponik dan teknologi yang ramah lingkungan.

Konsep BYO Living dipercaya dapat mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan oleh pembangunan properti dan memungkinkan penghuni untuk hidup secara mandiri dengan menghasilkan makanan mereka sendiri.

Alasan diterima di pasar internasional cukup simpel, yaitu dewasa ini telah banyak orang di seluruh dunia yang semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap bumi. Sehingga konsep yang diusung oleh BYOLiving sangat sesuai yang menawarkan alternatif penghuni dapat hidup secara mandiri dengan cara yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Poin penting yang dapat kita ambil dari BYO Living:

  1. Konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan
  2. Solusi untuk masalah perumahan dan lingkungan
  3. Potensi penghematan biaya hidup
  4. Potensi kemitraan internasional
  5. Gaya hidup sehat dan berkelanjutan

Idhara

Idhara merupakan contoh UMKM yang sekarang menjadi sangat besar yang berfokus pada pakaian muslim dari bahan-bahan organik dan ramah lingkungan.

Idhara memperoleh pengakuan di pasar internasional karena beberapa alasan yang kuat. Pertama, Idhara memproduksi produk-produk yang berkualitas tinggi dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas baik. Produk-produk tersebut dibuat dengan standar yang sangat ketat dan dibuat dengan pengawasan yang cermat sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional yang sangat beragam.

Kualitas produk Idhara membuatnya mampu bersaing dengan merek-merek internasional yang terkenal.

Kedua, Idhara sangat memperhatikan desain dan inovasi. Merek ini memiliki tim desain yang berbakat dan kreatif yang mampu menghasilkan produk-produk yang berbeda dan menarik perhatian pelanggan internasional. Dalam dunia mode dan fashion, desain adalah salah satu hal yang sangat penting dan Idhara telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam hal ini.

Ketiga, Idhara mampu mengikuti tren dan perubahan dalam pasar internasional. Merek ini selalu mengikuti perkembangan dan kebutuhan pasar internasional dengan mengembangkan produk-produk baru dan inovatif. Hal ini memungkinkan Idhara untuk selalu menjadi terdepan dalam hal tren dan selalu diingat oleh pelanggan.

Terakhir, Idhara adalah merek yang memiliki komitmen yang kuat pada lingkungan dan etika kerja yang baik. Merek ini menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan mempekerjakan pekerja yang diperlakukan dengan baik.

Lagi-lagi hal ini sangat penting bagi pelanggan internasional yang semakin peduli dengan masalah lingkungan dan etika dalam produksi.

Baca juga: 10 Ide Bisnis yang Dibutuhkan dan Laku Setiap Hari, Gaada Matinya!

Maya Kopi

maya kopi

Maya Kopi adalah produsen kopi bermutu tinggi yang berasal dari Aceh. Perusahaan ini memfokuskan pada kualitas biji kopi yang digunakan untuk menghasilkan produk-produknya.

Maya Kopi menjadi salah satu merek kopi yang dihasilkan di Indonesia yang telah diterima dengan baik di pasar internasional.

Salah satu alasannya adalah kualitas kopi yang dihasilkan. Kopi Maya tumbuh di tanah yang subur dan memiliki iklim yang ideal untuk pertumbuhan kopi yang berkualitas tinggi. Selain itu, kopi ini diproduksi dengan teknologi modern dan diproses dengan hati-hati oleh para petani lokal yang berpengalaman, sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi.

Sebagai UMKM yang dulunya berfokus pada bidang agrobisnis dan biji kopi, Maya Kopi juga aktif dalam mempromosikan mereknya melalui berbagai platform media sosial dan melalui kemitraan dengan perusahaan-perusahaan terkemuka, sehingga memperluas jangkauan merek di pasar internasional.

Olo Olo

Sebagai contoh sukses UMKM sukses mengekspor adalah Olo Olo.

Keberhasilan Olo Olo dalam memasuki pasar internasional merupakan prestasi yang luar biasa.

Ini bukan hanya tentang memperkenalkan kue-kue tradisional Indonesia ke dunia, tetapi juga tentang mengangkat nilai-nilai lokal yang berharga dan melestarikannya.

Kita semua tahu bahwa kue-kue tradisional Indonesia sangat kaya akan rasa dan bahan-bahan alami, dan ini adalah hal yang membuat produk Olo Olo begitu istimewa dan unik.

Olo Olo juga memperhatikan kualitas dan kebersihan dalam setiap tahap produksinya. Hal ini tentu sangat penting dalam menjamin keamanan dan kebersihan produk bagi konsumen.

Mereka menempatkan penggunaan bahan baku yang berkualitas sebagai prioritas utama, yang menjadikan rasa dari kue-kue Olo Olo semakin istimewa. Semua hal ini memberikan kepercayaan bagi konsumen untuk membeli produk Olo Olo.

Selain kualitas produk yang sangat baik, Olo Olo juga mampu memperhatikan tampilan dan kemasannya. Dalam industri makanan, kemasan produk sangat penting dalam menarik perhatian konsumen dan membuat produk terlihat menarik.

Olo Olo menunjukkan kemampuan mereka dalam merancang kemasan yang menarik dan memikat hati, sehingga produk mereka sangat diminati oleh konsumen di pasar internasional.

Olo Olo mampu menunjukkan keunikan budaya Indonesia dalam setiap produknya.

Beranjak dari melihat Indonesia yang memiliki banyak sekali budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Olo Olo mampu mengemas keunikan dari setiap daerah dalam setiap produknya sehingga membuat konsumen merasa tertarik dan penasaran dengan budaya Indonesia.

Ini juga menjadi nilai tambah yang membuat produk Olo Olo semakin menonjol di pasar internasional.

Rahasia Sukses Menembus Pasar Internasional bagi UMKM Indonesia

Terdapat beberapa faktor yang menjadi kunci kesuksesan UMKM Indonesia dalam memasuki pasar internasional, antara lain keunggulan produk atau layanan, adaptasi terhadap budaya dan kebiasaan pasar internasional, komunikasi dan jaringan bisnis yang efektif, serta dukungan pemerintah dan lembaga yang terkait.

Keunggulan produk atau layanan UMKM Indonesia menjadi faktor utama yang membuat produk tersebut diminati di pasar internasional.

Produk atau layanan yang unik, inovatif, serta memiliki ciri khas dari Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen internasional.

Untuk beradaptasi dengan kebiasaan dan budaya pasar internasional, UMKM Indonesia dapat mengoptimalkan media sosial dan situs web sebagai alat promosi, serta memanfaatkan acara pameran atau festival yang diselenggarakan di negara-negara tertentu.

Hubungan jaringan bisnis dan komunikasi yang efektif juga menjadi faktor penting bagi kesuksesan UMKM Indonesia dalam memasuki pasar internasional. Jalinan kerjasama dengan mitra bisnis dan pengusaha lokal dapat membantu mengatasi tantangan dalam berbisnis di pasar internasional.

Dukungan pemerintah dan lembaga yang terkait juga menjadi faktor kunci dalam memfasilitasi UMKM Indonesia untuk memasuki pasar internasional. Pemerintah dapat memberikan fasilitas dan program bantuan lainnya, seperti pelatihan, pendampingan hingga pengurusan sertifikasi produk atau layanan.

Tantangan dan Hambatan dalam Memasuki Pasar Internasional

Meskipun terdapat kesuksesan UMKM Indonesia dalam memasuki pasar internasional, namun terdapat pula tantangan dan hambatan yang harus dihadapi. Antara lain adalah persaingan dengan pelaku bisnis lokal, regulasi yang berbeda, serta budaya dan bahasa yang berbeda.

Untuk mengatasi tantangan ini, UMKM Indonesia dapat melakukan inovasi produk dan layanan, menjalin kerjasama dengan mitra bisnis lokal, serta memperdalam pengetahuan tentang pasar internasional melalui pelatihan dan pendampingan.

Memasuki pasar internasional merupakan tantangan dan peluang bagi UMKM Indonesia. Dalam menghadapi persaingan di pasar internasional, UMKM harus melakukan persiapan dan penjajakan pasar internasional yang matang, serta memperhatikan faktor-faktor kunci kesuksesan dan perlu beradaptasi dengan kebiasaan dan budaya pasar internasional.

Dengan melihat beberapa contoh UMKM Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional, dapat memberikan inspirasi bagi UMKM Indonesia dalam menggapai kesuksesan di pasar internasional. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi pengusaha UMKM Indonesia untuk memulai memasuki pasar internasional.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop