Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
aplikasi toko online

10 Aplikasi Toko Online Terbaik untuk Memulai Bisnis Anda

Dengan adanya aplikasi toko online, memulai bisnis menjadi lebih mudah dan efisien

Era digital saat ini telah menyajikan banyak beragam toko online atau online shop yang sejalan dengan perubahan perilaku konsumen yang lebih suka melakukan pembelian secara online.

Banyaknya toko online juga diikuti oleh beragam aplikasi toko online yang tersedia di pasaran, membantu penjual untuk mengelola dan memasarkan produknya secara lebih efektif dan efisien.

Namun, banyaknya pilihan aplikasi jual beli online yang tersedia mungkin membuat Anda bingung untuk memutuskan mana yang harus dipilih.

Pemilihan aplikasi yang tepat juga dapat membantu meningkatkan penjualan sehingga tidak perlu bingung dalam menentukan aplikasi yang harus Anda gunakan.

Jadi, aplikasi apa saja yang sebaiknya Anda miliki? Berikut adalah ulasan dari Latoko tentang 10 aplikasi toko online terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbelanja.

Mengapa Harus Toko Online?

Saat ini, menggunakan aplikasi toko online sangat penting untuk mengelola bisnis online Anda.

Aplikasi toko online memudahkan Anda dalam mengelola penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan, serta membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Selain itu, dengan tren belanja online yang terus meningkat setiap tahunnya, menawarkan produk pada aplikasi jualan online dapat membantu Anda memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda.

Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan masalah-masalah tersebut agar bisnis online Anda berjalan lancar.

10 Aplikasi Toko Online Terbaik

Bisnis online semakin populer saat ini, tidak hanya di kalangan pemula, tapi juga pengusaha multinasional.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengelola bisnis dan jangkauan pasar yang luas. Teknologi, terutama penerapan CRM (Customer Relationship Management) pada aplikasi toko online, juga menjadi salah satu faktor yang membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis online.

Untuk membantu mengelola bisnis online Anda, Anda memerlukan aplikasi toko online yang tepat. Berikut ini adalah beberapa aplikasi toko online yang dapat membantu Anda mengelola online shop Anda:

1. Tokopedia

aplikasi toko online gratis tokopedia

Ada beberapa alasan mengapa para pengusaha dan penjual harus memilih Tokopedia sebagai aplikasi toko online terbaik untuk berbelanja:

  1. Jangkauan pasar yang luas

Tokopedia merupakan salah satu platform jual-beli online terbesar di Indonesia, sehingga menawarkan peluang bisnis yang luas bagi para semua penjual.

  1. Fitur-fitur yang memudahkan

Tokopedia menyediakan beragam fitur yang memudahkan para penjual dalam mengelola bisnis online mereka, seperti fitur penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

  1. Sistem pembayaran yang aman

Tokopedia menyediakan sistem pembayaran yang aman dan terpercaya, sehingga para penjual atau pengusaha tidak perlu khawatir tentang keamanan transaksi mereka.

  1. Dukungan dan bantuan

Tokopedia menyediakan dukungan dan bantuan untuk para penjual yang membutuhkan bantuan dalam mengelola bisnis online mereka.

  1. Reputasi yang baik

Tokopedia memiliki reputasi yang baik di kalangan para penjual dan pelanggan, sehingga membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Dengan menggunakan Tokopedia sebagai aplikasi toko online terbaik untuk berbelanja, Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan lebih efektif dan efisien, serta meraih peluang bisnis yang lebih luas.

2. Shopee

buat toko online shopee

Shoppe, yang merupakan pesaing terbesar dari Tokopedia, tidak ingin ketinggalan dengan menunjuk Blackpink sebagai brand ambassador-nya.

Strategi ini juga telah berhasil menjadikan Shoppe, yang terkenal dengan warna oranye ini, menjadi salah satu aplikasi e-commerce paling populer di Indonesia.

Kelebihan dari Shoppe dibandingkan dengan aplikasi e-commerce lain adalah menawarkan harga yang lebih murah, pengiriman yang cepat, dan seringkali gratis ongkir. Shoppe semakin dikenal luas dengan adanya Blackpink sebagai brand ambassador-nya.

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis yang sedang mencari pelanggan, Shoppe merupakan pilihan yang tepat.

Sebagian besar bisnis memanfaatkan diskon ongkos kirim di Shoppe untuk menarik pelanggan mereka. Meskipun komunikasi dengan pelanggan seringkali terjadi melalui media sosial seperti Instagram atau WhatsApp, Shoppe merupakan platform yang berguna bagi bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

3. Bukalapak

aplikasi toko online bukalapak

Bukalapak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 dengan menargetkan pasar para hobbyis seperti hobi bersepeda dan banyak lainnya.

Sejak kemunculannya, Bukalapak terus menampilkan iklan-iklan yang keren dan unik, yang terbukti efektif dalam menarik pelanggan untuk berbelanja di aplikasi toko online ini.

Untuk berbelanja produk-produk yang memiliki garansi dan asli, pengguna dapat mengunjungi Bukamall. Sementara untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti di supermarket, pengguna dapat mengunjungi BukaMart.

BukaMart itu sendiri menyediakan layanan belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Tidak tanggung-tanggung, khusus untuk kamu yang memiliki toko sembako, mendaftar di Mitra Bukalapak juga bisa untuk menjual produk lebih lengkap selayaknya Minimarket.

4. Blibli.com

aplikasi jual beli blibli

Blibli.com merupakan salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia.

Mereka menjual produk yang bersumber dari lebih dari 100.000 mitra usaha yang siap memenuhi kebutuhan sehari-hari, elektronik, hingga hobi pelanggan.

Selain itu, Blibli juga berkomitmen untuk mempercepat proses pengiriman dengan mengandalkan armada BES dan 15 mitra logistik. Fasilitas layanan pelanggan Blibli juga mudah dijangkau sehingga pertanyaan atau komplain dapat dijawab dengan cepat.

Ada beberapa alasan mengapa penjual mungkin memilih Blibli sebagai tempat jual secara online:

  1. Jangkauan pasar: Blibli merupakan salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia, sehingga dengan menjual produk Anda di sana dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
  2. Proses pengiriman yang cepat: Blibli berkomitmen untuk mempercepat proses pengiriman produk dengan mengandalkan armada BES dan 15 mitra logistik. Ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga tingkat kepercayaan mereka terhadap Anda sebagai penjual.
  3. Fasilitas layanan pelanggan yang baik: Blibli menyediakan fasilitas layanan pelanggan yang mudah dijangkau sehingga pertanyaan atau komplain dapat dijawab dengan cepat. Ini dapat membantu menjaga kepuasan pelanggan dan meningkatkan tingkat kepercayaan mereka terhadap Anda sebagai penjual.

5. Lazada

aplikasi belanja online lazada

Lazada adalah platform e-commerce yang menyediakan berbagai macam produk dengan mudah. Penjual yang terpilih dengan ketat oleh Lazada akan menjamin keamanan bagi para pembeli. Aplikasi Lazada yang memenangkan penghargaan Indonesia Cellular Award 2015 sebagai Best Online Shop App juga menyediakan metode pembayaran yang aman dan garansi uang kembali jika Anda tidak puas dengan produk yang dibeli di sana.

6. Sociolla

aplikasi belanja online sociolla

Sociolla adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai referensi kecantikan secara online. Mereka menjual berbagai produk kecantikan seperti make up, perawatan kulit, perawatan rambut, parfum, dan alat-alat kecantikan.

Koleksi yang disediakan oleh Sociolla tidak hanya lengkap, tapi juga dijamin keasliannya dan hanya menjual produk-produk yang telah memiliki sertifikasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

  1. Reputasi: Sociolla memiliki reputasi yang baik di kalangan konsumen dan biasanya dianggap sebagai tempat yang aman dan terpercaya untuk membeli produk kecantikan.
  2. Jangkauan pasar: Sociolla memiliki banyak pengunjung dan pelanggan, sehingga menjual produk Anda di sana dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
  3. Sertifikasi BPOM: Sociolla hanya menjual produk-produk yang telah memiliki sertifikasi dari BPOM, yang merupakan sebuah badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengawasi obat dan makanan di Indonesia. Ini dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa produk yang dijual di Sociolla aman untuk digunakan.
  4. Kemudahan: Sociolla menyediakan platform yang mudah digunakan bagi penjual untuk mengelola dan menjual produk mereka secara online, sehingga memudahkan penjual untuk mencapai lebih banyak konsumen tanpa harus repot mengelola toko secara fisik.

7. Hijabenka

aplikasi jualan fashion muslim online hijabenka

Hijabenka merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memasarkan produk busana muslim yang dijual oleh berbagai gerai toko offline.

Produk yang dijual di Hijabenka meliputi berbagai jenis busana muslim, mulai dari busana sehari-hari hingga untuk beragam acara.

Hijabenka sangat cocok bagi Anda yang menekuni fashion muslim, karena mereka menyediakan berbagai produk busana muslim yang terkurasi dengan baik. Dengan Hijabenka, Anda dapat dengan mudah menemukan busana muslim yang sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari busana sehari-hari hingga untuk acara formal.

Selain itu, Hijabenka juga menyediakan hijab, scarf, dan aksesoris lain yang dapat mempercantik penampilan Anda. Hijabenka sangat memperhatikan kebutuhan fashion muslim, sehingga produk-produk yang dijualnya memiliki desain yang segar, stylish, chic, dan mutakhir.

Dengan Hijabenka, Anda dapat dengan mudah menemukan busana muslim yang sesuai dengan keinginan Anda dan mempercantik penampilan Anda dengan produk-produk yang terjangkau.

8. Dinomarket

aplikasi toko online dinomarket

Terakhir untuk sebuah aplikasi belanja online yang dibuat untuk para seller, adalah Dinomarket.

Merupakan sebuah aplikasi toko online yang memfokuskan diri pada penjualan berbagai jenis produk gadget dan elektronik. Target pasar Dinomarket tersegmentasi, terutama terfokus pada para gadget freak.

Sama seperti marketplace lainnya, Dinomarket juga menawarkan berbagai promo yang diadakan secara berkala untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Selain itu, Dinomarket juga memberikan garansi dan jaminan bahwa produk yang dijual adalah asli, yang dapat membuat Dinomarket dicintai oleh pelanggannya.

Singkatnya, Dinomarket merupakan aplikasi toko online yang menyediakan berbagai produk gadget dan elektronik dengan target pasar yang tersegmentasi, terutama terfokus pada para gadget freak.

Dinomarket menawarkan berbagai promo yang diadakan secara berkala serta memberikan garansi dan jaminan bahwa produk yang dijual adalah asli, sehingga dapat memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik bagi pelanggannya.

9. Bhinneka

bhinneka aplikasi toko online

Bhinneka adalah salah satu platform e-commerce yang paling terkenal di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1999, Bhinneka kini menyediakan produk IT, MRO, solusi bisnis, dan layanan profesional untuk UMKM, perusahaan, dan institusi pemerintahan.

Selain itu, Bhinneka juga memudahkan para merchant untuk bergabung dengan platform tersebut dengan menyediakan aplikasi di Play Store dan App Store. Namun, toko yang Anda kelola di Bhinneka mungkin memiliki pangsa pasar yang lebih terfokus dibanding platform e-commerce lain seperti Tokopedia atau Bukalapak.

10. TokoTalk

tokotalk aplikasi toko online

Melalui Toko Talk, membuat toko online kini lebih mudah dari sebelumnya.

TokoTalk itu sendiri merupakan bukan untuk bersaing marketplace seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Namun justru menyediakan pilihan bagi pemilik toko online untuk melengkapi bisnis online mereka dengan segala fitur yang ditawarkan.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis Anda. Toko Talk menawarkan banyak fitur yang berguna, seperti kemampuan untuk menambahkan produk secara langsung dan mencetak label kiriman dengan harga grosir dan diskon.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk disesuaikan dengan domain yang Anda pilih.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir tentang pelacakan pembayaran produk karena Toko Talk memiliki fitur pelacakan pembayaran otomatis yang dapat Anda gunakan.

11. Tokko

Sama halnya dengan TokoTalk, aplikasi toko online yang dapat digunakan secara gratis adalah Tokko.

Dengan menggunakan aplikasi gratis dari Tokko, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat website toko online sendiri hanya dalam waktu 15 detik. Selain itu, Tokko juga memudahkan Anda dalam mengelola berbagai jenis usaha, seperti warung sembako, restoran, atau penjualan pulsa.

Salah satu keuntungan dari membangun toko online dengan Tokko adalah memudahkan Anda untuk mengelola katalog produk dengan lebih baik dan menjangkau pelanggan dengan lebih mudah.

Selain itu, dengan membangun toko online di Tokko, Anda juga dapat membangun brand yang lebih profesional untuk usaha Anda.

Bagaimana Cara Membuat Toko Online?

Untuk membuat toko online, pertama-tama Anda perlu memutuskan apa yang akan dijual dan siapa target marketnya.

Kemudian, Anda bisa mencari platform e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Beberapa platform populer di Indonesia adalah Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Setelah membuat akun di platform tersebut, Anda bisa mulai mengupload produk dan mengatur tampilan toko Anda sesuai keinginan.

Kalau ingin membuat toko online sendiri secara terpisah melalui handphone sekarang juga, beberapa aplikasi yang bisa kamu coba seperti:

  • LummoSHOP
  • Setoko – Buat Toko Online Shop
  • Tokoko
  • bukaOlshop
  • CreditStore, dan sebagainya

Jangan lupa untuk mempromosikan toko online Anda melalui media sosial atau iklan online untuk menarik pengunjung dan memudahkan orang menemukan produk yang Anda jual.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop