Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
contoh kewirausahaan modal kecil
contoh kewirausahaan modal kecil

10 Contoh Wirausaha Modal Kecil, Bisa Langsung Dicoba!

Membangun sebuah wirausaha atau bisnis memang harus dibekali dengan persiapan menghadapi berbagai tantangan. Umumnya, salah satu tantangan paling awal yang dirasakan para calon wirausahawan adalah tentang modal.

Tak semua wirausahawan langsung memulai bisnisnya dengan modal yang besar. Banyak yang berusaha dari awal membangun usaha justru menggunakan dana seadanya atau bahkan tanpa modal.

Namun jangan salah, dengan modal kecil pun sebetulnya kamu sudah bisa membangun wirausaha yang menonjol di pasar.

Nah, beberapa contoh wirausaha modal kecil ini bisa jadi referensi untukmu yang ingin memiliki bisnis, namun terkendala anggaran awal. 

10 Contoh Wirausaha Modal Kecil

contoh wirausaha

Membangun usaha modal kecil memerlukan kreativitas tingkat tinggi. Dengan anggaran seadanya, para calon wirausahawan harus bisa memutar otak sedemikian rupa untuk menemukan bisnis yang cocok demi memenuhi kebutuhan pasar. 

Dari sekian banyak ide bisnis yang ada, berikut 10 contoh wirausaha yang bisa langsung kamu coba terapkan.

1. Reseller dan Dropshipper

dropship dan reseller

Reseller dan dropshipper menjadi contoh jenis wirausaha yang sedang populer di era digital ini. Tak hanya modal kecil, bahkan bisa dibilang bisnis jenis ini hampir tidak menggunakan modal.

Beberapa hal kecil yang harus disiapkan saat awal membuka usaha ini adalah smartphone, laptop, dan kuota internet. Barang-barang tersebut diperlukan untuk memulai bisnis reseller dan dropshipper melalui marketplace yang tersedia online di internet.

Perbedaan antara reseller dan dropshipper terletak pada sistem penjualan produk. Jika menjadi reseller, kamu harus terlebih dulu membeli produk dari distributor untuk dijual kembali (reselling). 

Tidak begitu halnya dengan dropshipper, di mana kamu hanya menjadi perantara antara distributor dan konsumen.

Jika ada konsumen yang tertarik membeli sebuah produk, kamu akan memesankannya kepada distributor. Nanti, distributor jugalah yang akan langsung mengirimkannya kepada konsumen.

Keuntungan yang didapat reseller dan dropshipper muncul dari tiap produk yang mereka berhasil jual.

2. Barber Shop

barbershop

Usaha barber, atau yang lebih dikenal dengan potong rambut, juga cukup diminati banyak orang.

Barber sendiri menjadi salah satu usaha yang selalu dicari-cari karena setiap orang pasti membutuhkan tukang potong rambut profesional.

Usaha barber dapat dimulai melalui franchise. Untuk itu, sesuaikan bujet dan kesesuaian visi dengan barbershop yang membuka franchise, seperti Ixobox, Lanang Barbershop, dan lainnya.

Jenis usaha satu ini memiliki keuntungan yang cukup besar. Oleh sebab itu, usaha barbershop biasanya cukup cepat mengalami balik modal.

Buatlah strategi pemasaran dan bisnis sebaik mungkin agar usaha barber yang akan dibangun tidak terkendala banyak hal di tengah jalan.

Jika sudah memiliki skill tinggi dan pelanggan tetap, maka kamu bisa menambahkan berbagai promo menarik agar memperluas pasar untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru.

3. Minuman Boba

Usaha minuman boba

Industri minuman memang sudah memiliki banyak pesaing di pasar, namun jenis usaha satu ini justru jadi salah satu yang tiada matinya.

Pasalnya, minuman merupakan kebutuhan pokok setiap manusia.

Di tengah kompetisi yang cukup besar, carilah jenis minuman yang sedang digandrungi untuk bisa cepat mendapatkan pelanggan.

Salah satu contoh usaha minuman yang bisa dibuka dari adanya peluang usaha modal kecil adalah minuman boba yang sedang populer di anak muda.

Buatlah rasa yang unik, namun tetap nikmat. Kemudian, bangun branding usaha yang mencolok dan rancang strategi pemasaran terbaik agar bisnis bisa melesat dengan baik.

Perlu diingat juga, tren minuman berputar cukup cepat, sehingga rajin-rajinlah memutar otak untuk membuat inovasi agar tidak ketinggalan zaman.

4. Usaha Fashion

Fashion merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, jenis wirausaha ini tidak mengenal musim dan memiliki segmen pelanggan yang kuat. 

Perubahan tren yang cepat membuat bisnis fashion terus menjadi idola para pelaku usaha.

Beberapa barang fashion yang bisa dijual adalah kaus, celana, kaus kaki, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Usaha fashion ini juga bisa dibangun dengan menggunakan modal kecil. Salah satu caranya adalah dengan mencari agen untuk kemudian menjadi pemasok brand tersebut. 

Kamu bisa juga menjual pakaian bekas layak pakai (vintage) atau yang lebih populer dengan nama thrift.

Pakaian bekas layak pakai ini bisa dibeli dengan harga murah, lalu dicuci, dan dipromosikan semenarik mungkin agar pelanggan langsung tertarik membelinya dalam sekali melihat.

5. Kudapan Unik

usaha cemilan

Kudapan atau camilan merupakan contoh usaha modal kecil untung besar yang paling bisa dijalankan oleh para kaum wanita.

Jenis usaha ini bisa dijadikan sebagai bisnis rumahan dengan modal seadanya.

Ciptakan kudapan unik nan lezat yang berpotensi menarik minat banyak orang. Di tengah pasar kudapan yang sudah penuh dengan kompetitor, membuat produk yang unik akan menambah nilai bisnis yang sedang dibangun.

Kombinasikan camilan-camilan tradisional dengan selera anak muda yang kekinian.

Buatlah kudapan tersebut sekreatif mungkin sehingga menjadi unik di mata masyarakat sebagai calon pembeli.

Gunakan marketplace untuk bisa menjual kudapan unik tersebut secara online. Sehingga, usaha tersebut bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh wilayah Indonesia.

6. Clothing Line

Clothing line bisa jadi salah satu wirausaha yang cocok diterapkan di era sekarang.

Pasalnya, industri ini memiliki tren yang sangat kuat. Sudah banyak brand lokal yang akhirnya bisa go international dan bersaing dengan produk-produk di negara lain.

Kualitas industri fashion di Indonesia pun sudah sangat baik sehingga tak perlu takut mengecewakan pelanggan.

Carilah jaringan yang bisa memberikan bahan pakaian dan sablon yang baik serta memiliki mutu tinggi.

Pahami segmentasi pasar yang akan diincar, lalu buat strategi pemasaran terbaik agar calon pembeli langsung tertarik dalam sekali melihat iklan atau promosi.

Gunakan desain pakaian dan gambar yang sesuai dengan target pasar yang diincar.

7. Desain Drafis

Usaha modal kecil lainnya adalah jasa desain grafis yang cukup dibutuhkan di era sekarang.

Meskipun tidak mahir menggambar, desain grafis bisa dipelajari bahkan secara otodidak. Selain skill, usaha jasa desain grafis hanya membutuhkan laptop atau komputer serta aplikasi software khusus untuk mendesain.

Jasa desain sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Apalagi di era serba online sekarang ini, banyak perusahaan membutuhkan berbagai macam promosi digital menggunakan media gambar untuk ditampilkan di internet.

Di samping itu, kamu bisa juga menjual jasa atau hasil desain sendiri ke internet melalui beberapa platform khusus, seperti Fiverr, Upwork, atau Sribulancer.

Jasa desain grafis bisa dimulai dari pesanan kecil terlebih dahulu sesuai keahlian yang dimiliki. Ketika portofolio sudah meyakinkan, kamu bisa tetapkan harga yang lebih tinggi

Jika skill atau keahlian dan portofolio sudah cukup mumpuni, maka kamu bisa menjadi freelancer desain grafis untuk brand-brand atau perusahaan yang membutuhkan.

8. Jastip

jasa titip barang

Jastip atau jasa titip menjadi salah satu jenis wirausaha yang cukup kuat di era sekarang ini.

Hobi belanja masyarakat yang kian tumbuh dapat dimanfaatkan para calon pebisnis untuk membuka jasa titip.

Di luar negeri sendiri, jasa titip atau jastip dikenal dengan sebutan personal shopper. Tugas mereka adalah menawarkan jasa pembelian barang ke merchant, pasar, atau tempat belanja tertentu. Tempat belanja ini biasanya cukup sulit dijangkau orang-orang di wilayah tertentu sehingga mereka membutuhkan jasa titip.

Jasa titip mendapatkan keuntungan dari tiap barang yang dipesan pelanggan. Tiap barang yang dibeli nantinya akan dikenakan biaya tambahan tertentu sebagai jasa atau ongkos pembelian tersebut.

Jenis wirausaha ini sangat cocok menggaet kalangan menengah ke atas yang ingin belanja, namun rumah mereka cukup jauh dari pasar atau tempat perbelanjaan yang diinginkan.

Kamu bisa juga menggaet golongan masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja barang yang mereka inginkan.

Wirausaha jasa titip ini membutuhkan waktu dan pengelolaan uang yang cukup rumit. Jadi, pastikan kamu membuat strategi atau rancangan bisnis yang baik sebelum memulai usaha ini.

9. Buka Kursus

membuka usaha kursus online

Jika memiliki sebuah keterampilan dan minat di bidang tertentu, maka bisnis kursus atau bimbingan belajar (bimbel) bisa jadi salah satu wirausaha yang menguntungkan. 

Keterampilan dan minat di bidang tertentu bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis, seperti musik, akademik, hingga olahraga. 

Apabila dikembangkan dengan optimal, dapat dilakukan ekspansi bisnis dengan merekrut lebih banyak tenaga kerja dan membuka cabang.

Carilah peluang yang dibutuhkan para calon siswa dan buatlah strategi pemasaran yang baik.

Sebagai contoh, jika di sekitar kamu banyak pabrik kain atau pakaian, buatlah kursus menjahit agar warga sekitar bisa memiliki skill untuk diterima bekerja di area tersebut.

10. Perawatan Mobil

cuci motor mobil dan perawatan

Bisnis perawatan mobil memiliki pasar yang cukup luas. Karenanya, pertimbangkan untuk mendirikan wirausaha perawatan mobil seperti jasa cuci mobil, coating, poles, hingga auto-detailing

Layanan perawatan mobil tersebut bisa disesuaikan dengan pasar yang ada.

Contoh wirausaha ini dapat dibangun dengan branding sesuai layanan yang tersedia. Sebagai contoh, konsumen memercayakan mobil mewah milik mereka ke ShowCar Garage karena gerai tersebut terbukti mampu memberikan layanan cuci mobil sampai coating secara memuaskan.

Fokuslah melatih diri dan para karyawan untuk bisa mendapatkan hasil cuci, coating, atau poles yang maksimal.

Skill dan teknik yang tinggi bisa membuat bisnis perawatan mobil yang dibangun lebih unggul daripada yang hanya menawarkan jasa cuci mobil biasa.

Berbagai contoh wirausaha di atas bisa jadi referensi untuk membuka bisnis agar menambah penghasilan di rumah. Daftar tersebut juga bisa menjadi inspirasi usaha modal kecil yang sukses ke depannya.

Lakukanlah riset atau penelitian terlebih dahulu terkait wirausaha yang akan dibuka.

Jangan lupa untuk selalu merencanakan dengan baik seluruh modal, target pasar, hingga strategi marketing agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan matang.

Selain itu, jika bisnismu sudah cukup matang dan berjalan lebih dari 1 tahun dengan pembukuan yang sehat, kamu bisa mencari pendanaan wirausaha dengan lebih mudah.

Perhatikan juga para kompetitor di bidang bisnis tersebut.

Pemahaman yang baik tentang usaha yang akan digeluti akan membuat calon pebisnis menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan ke depannya.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop