Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
usaha yang lagi booming dan trend saat ini

13 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Laris di 2023

Jangan sampai ketinggalan, inilah 13 daftar usaha rumahan yang lagi booming dan trend di tahun 2023

Usaha rumahan yang lagi trend dari tahun ke tahun mengalami perubahan.

Artinya, kita tidak bisa tinggal diam dengan sistem yang lama.

Hanya mengandalkan gaji tentu tidak akan cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sudah banyak orang menjadi sukses dengan memilih jalur bisnis usaha rumahan, bahkan ada yang rela resign kerja dan fokus pada usaha rumahan yang mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Mau tahu apa saja bisnis tersebut? Cek informasi lengkapnya berikut ini.

Ide bisnis Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Sepuluh usaha rumahan berikut ini dapat menjadi pilihanmu yang mau mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Modalnya juga sangat minim, bisa dilakukan dari rumah sesuai kemampuan.

Jenis usaha rumahan modal kecil untung besar ini bisa kamu pertimbangkan untuk ladang menambah pendapatan sehari-hari

Berbisnis Laundry Rumahan

Di kota besar atau lokasi bisnis, kebanyakan orang tidak punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Dengan begitu masyarakat di kota cenderung memilih menggunakan jasa laundry sebagai upaya cepat agar pakaian kotor tidak menumpuk.

Kalau kamu tinggal di kawasan bisnis, usaha laundry dapat dijadikan pilihan untuk menambah penghasilan.

Modalnya juga tidak terlalu besar, selama sudah punya mesin cuci dan pengering. Tinggal mempersiapkan alat pendukung proses pencucian hingga pengeringan, setrika, dan pengemasan yang menarik.

Tapi jangan salah ya, usaha laundry target pasarnya bukan hanya pakaian saja. Kamu bisa masuk ke beberapa lini usaha laundry yang lain seperti:

  • Laundry sepatu
  • Laundry Boneka
  • Laundry Sprei
  • Laundry Karpet
  • Laundry Helm

Kalau kamu masih bingung untuk memulai dan takut merintis. Kamu dapat mencoba untuk membeli waralaba laundry dimana kamu dapat memilih paket usaha laundry yang cocok untuk kamu.

Reseller Skin care

Ide usaha rumahan modal kecil berikutnya bisa dipilih adalah menjadi Reseller. Reseller ini adalah salah satu Usaha rumahan yg menjanjikan.

Dengan modal yang bahkan bisa dibilang tidak ada. Namun kamu perlu mencari distributor barang-barang yang memang dibutuhkan saat ini, dan pastinya berpotensi laris dijual.

Cek terlebih dahulu produk yang cukup signifikan penjualannya seperti skin care dan produk kecantikan.

Untuk produk skin care, banyak sekali brand yang membuka program reseller. Beberapa diantaranya adalah:

  • Reseller MS Glow
  • Reseller Kedas Beauty
  • Reseller Scarlett Whitening
  • Reseller Trueve
  • Reseller Erha
  • Reseller Sarian Skincare
  • Reseller Natasha Skincare

Kamu tinggal mendaftar afiliasi di website brand diatas atau langsung ke store offline maupun online. Kemudian, bekerjasama dulu dengan toko online distributor barang tersebut agar mendapatkan persetujuan mempromosikan barang mereka melalui media sosialmu.

Harga pembelian pastinya akan lebih rendah daripada harga retail sehingga kamu dapat mengambil keuntungan dari selisih harga tersebut.

Bisa dikatakan reseller skincare menjadi usaha yang lagi trend hingga kedepannya.

Membuka Les Privat

Salah satu usaha rumahan yang lagi trend berikutnya adalah membuka les privat.

Bagi kamu yang memiliki pengetahuan yang bagus di untuk salah satu mata pelajaran penting di sekolah, tak ada salahnya untuk membuka les privat.

Misalnya saja, kamu memahami bahasa inggris kategori expert, kamu bisa membuka jasa privat bimbingan bahasa inggris untuk anak-anak dekat domisili saat ini.

Bisa juga mempromosikan diri melalui media sosial, lengkap dengan sertifikat yang dikantongi terkait bidang studi tertentu. Tentunya dengan sertifikat akan menambah kepercayaan calon anak didikmu.

Jasa les privat sendiri sebenarnya tidak hanya untuk anak sekolahan. Pangsa pasar nya bisa sangat luas. Seperti halnya skill programming.

Kamu dapat mengajarkan basic pemrograman kepada orang lain. Bahkan tidak perlu bertatap langsung dengan muridmu karena sekarang banyak terdapat program online course.

Bisnis Katering Rumahan

Bisnis kuliner memang tidak pernah mati, selalu dibutuhkan siapa saja dan dimana saja. Asalkan dapat memilih menu-menu terbaik sesuai keinginan banyak orang.

Apalagi jika kamu memiliki kemampuan memasak, akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha ini. Kamu dapat membuat variasi menu makanan katering yang di sukai oleh masyarakat.

Cobalah membuat menu-menu katering sehat, lalu berikan tester kepada orang terdekat.

Jika responnya oke, tinggal membuka order dari mulut ke mulut sebagai langkah awal. Lalu lanjut dengan menerima order melalui jasa pesan antar online yang ada saat ini.

Kamu juga bisa mencoba katering harian, target lah kantor-kantor, lembaga atau instansi di sekitar tempat tinggalmu.

Untuk lebih terkesan profesional, buatlah pamflet daftar menu dan berikan tester ke mereka.

Makanan sehat juga perlu Anda pahami kriterianya, supaya menu-menu yang disajikan nantinya benar-benar disukai dan sesuai keinginan pelanggan.

Usaha Produksi Lilin Aromaterapi Rumahan

Usaha ini mungkin terkesan asing di sebagian masyarakat indonesia.

Tapi jika kita melihat di beberapa marketplace jualan online seperti shopee dan tokopedia, barang ini sangat digemari beberapa kalangan. Terlihat dari nilai penjualannya yang bagus.

Cara membuat lilin aromaterapi pun sebenarnya cukup sederhana. Kamu tinggal mempersiapkan beberapa bahan berikut

  • Lilin
  • Minyak aromaterapi (jenis dan variannya banyak sekali)
  • Tempat lilin (gelas unik)
  • Sumbu kecil
  • Pewarna (opsional)

Teknik pembuatan bisa kamu lihat dibawah ini.

Bisnis Jahit Pakaian

Mempunyai skil menjahit pakaian?

Buka saja jasa menjahit pakaian sesuai desain dari pelanggan atau langsung mendesain pakaian sendiri kalau Anda punya kemampuan tersebut. Karena potensi keuntungannya cukup besar.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari jasa menjahit pakaian seragam anak sampai seragam kantor buat dewasa. Selain itu juga bisa membuka jasa jahit seragam batik ataupun olahraga.

Lihat saja, para tukang jahit yang sudah mampu berkolaborasi dengan desainer handal. Mereka berawal dari penjahit biasa, kemudian melihat hasil kerjanya memuaskan membuat orang tertarik untuk bekerja sama.

Warung Sembako

Kalau kamu berada di wilayah yang cukup.padat penduduk dan jarak yang cukup jauh dengan sebuah toko kelontong, inilah saat yang tepat.

Sembako adalah kebutuhan rumah tangga yang setiap harinya digunakan seperti halnya bahan masak seperti telur, minyak, gas LPG dan sebagainya akan selalu dipakai oleh masyarakat.

Target pembeli dari adanya warung sembako ini cukup luas sehingga menyediakan kebutuhan sehari-hari di warung dapat dipastikan laku.

Bisnis Thrifting

Banyak orang mungkin yang tidak tau dengan istilah thrifting.

Istilah Thrift ini sebenarnya adalah barang bekas pakai atau second hand yang kondisinya masih layak untuk Digunakan. Barang nya  bisa berupa pakaian, mainan, elektronik, atau benda-benda antik lainnya. Produk sisa ekspor/impor pun bisa masuk di kategori ini. 

Sedangkan thrifting artinya proses atau kegiatan menjual barang second baik dari dalam maupun luar negeri. Bisa melalui perantara distributor khusus ataupun anda mencari sendiri.

Semisal melalui distributor, kamu cukup mencari distributor barang thrifting, beli satu ball pakaian dengan modal terjangkau, lalu pilih mana layak jual dengan harga tinggi.

Atau kamu bisa hunting sendiri barang second berkualitas yang akan kamu jual. Kamu bisa masuk ke komunitas – komunitas yang mempunyai barang tersebut. Mendapatkannya dengan harga yang relatif terjangkau, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Tentunya, perlu kemampuan melihat produk yang bagus kemudian mau membersihkannya hingga terlihat seperti baru kembali.

Cemilan Kekinian Sistem Dropship

Tidak perlu memproduksinya sendiri, sekarang sudah banyak cemilan kekinian membuka kesempatan mencari agen, reseller, bahkan distributor di berbagai daerah.

Sekali lagi, era sekarang adalah kolaborasi.

Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk meraih keuntungan.

Jadi, kamu tinggal memilih cemilan-cemilan yang sedang viral dari berbagai daerah, lalu promosikan melalui media sosial atau toko online khusus dibuat sendiri untuk menjual produk tersebut.

Lalu, order langsung pada produsen untuk diantar ke alamat konsumen.

Anda akan mendapatkan fee dari setiap barang order.

Jadi semakin lengkap cemilan tersedia akan semakin besar potensi beruntung mengembangkan bisnis rumahan ini.

Desain Grafis

Jika sekarang Anda bekerja kantoran, lalu punya kemampuan desain grafis maka buka saja jasa desain grafis online untuk mencari tambahan penghasilan.

Untuk pemula, bisa bergabung terlebih dahulu pada komunitas desain grafis atau situs freelance desain grafis agar bisa mendapatkan klien.

Tentunya, harus mempersiapkan portofolio hasil kerja sebelumnya sebagai cara promosi.

Kalau beruntung dan ada yang menyukai desain Anda baik itu logo, grafis untuk kebutuhan bisnis maka bayarannya tidak murah lho!

Jasa Penulis Lepas

Hobi menulis juga dapat dikembangkan menjadi usaha mendatangkan keuntungan.

Kamu bisa menjadi penulis lepas melalui berbagai perusahaan penyedia jasa penulis lepas. Dapat juga dengan membuat buku sendiri, dengan tema tertentu lalu bekerjasama dengan penerbit.

Memang prosesnya cukup panjang, namun dengan hasilnya nanti Anda akan dibuat puas maksimal.

Blogger dan Content Creator

Saat ini yang namanya blog masih sangat dicari oleh banyak orang, terutama penyedia konten informasi berita nasional.

Sebagai contoh, Anda lihat beberapa blogger sukses mengemas tema tertentu dengan informasi dan konten-konten tulisan menarik.

Dimana akhirnya mereka punya banyak pengikut dan hasil karya mereka diakui dengan nilai tinggi.

Sama halnya dengan content creator, yang disukai karena content-content mendidik dan penuh informasi. Sehingga orang jadi tercerdaskan lewat informasi diberikan, alhasil semakin banyak yang mengikuti akun si content creator .

Jika beruntung dan sukses potensi bekerja di berbagai industri sangat terbuka lebar.

Virtual Assistant

Siapa bilang asisten pribadi harus selalu berada di samping bosnya?

Sekarang sudah ada bisnis virtual assistant, banyak dipakai oleh pihak perusahaan untuk memudahkan berbagai kegiatan.

Anda yang memiliki kemampuan multitasking di bidang perkantoran, mulai dari membuat jadwal kerja hingga komunikasi berbagai bahasa dengan klien akan sangat bagus mencoba bisnis ini.

Jadi, Anda akan menjadi asisten bos secara online.

Dengan modal jaringan internet lancar dan telepon mudah dihubungi.

Pastinya ada salah satu dari usaha rumahan di atas, yang bisa Anda pilih.

Coba tekuni mulai sekarang, jika memang ingin memiliki hidup lebih baik di masa depan dengan finansial mencukupi. Kerja kantor aman, kerja rumahan juga membuat tabungan semakin banyak.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop