Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢

Ini Dia Perjuangan 10 Pengusaha Muda Sukses di Indonesia

Siapa bilang sukses di usia muda itu mustahil diwujudkan? Lihat saja buktinya dengan menyimak perjuangan para pengusaha muda sukses di Indonesia ini!

Menjadi seorang pengusaha muda sukses di Indonesia nyatanya bukanlah mimpi belaka.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak pengusaha muda yang berhasil mencapai kesuksesan berkat kerja keras yang luar biasa.

Para pengusaha muda ini memiliki kisah perjuangan yang inspiratif bagi para calon pebisnis. Berikut daftar 10 pengusaha muda yang sukses di usia muda berkat perjuangan kerasnya dalam membangun bisnis mereka.

Inspirasi 10 Pengusaha Muda Sukses di Indonesia

Banyak calon pebisnis yang membutuhkan motivasi dan pembelajaran dalam membangun usaha yang sedang mereka perjuangkan.

Karenanya, para calon pebisnis akan belajar kehidupan bisnis dari para pengusaha yang sudah sukses terlebih dahulu. Cerita akan semakin menarik jika para pengusaha muda sukses dari nol.

Dari sekian banyak pengusaha yang ada di Tanah Air, berikut daftar 10 pengusaha muda sukses di Indonesia yang bisa jadi inspirasi para calon pebisnis.

1. Amanda Cole

amanda cole

Nama Amanda Cole sudah cukup terkenal di dunia bisnis, terutama di Indonesia.

Usaha Amanda Cole berfokus pada kehidupan pertanian. Dirinya rela keluar dari pekerjaan tetapnya dan fokus membangun bisnis yang bisa membantu petani di daerah.

Bisnis yang dibangun Amanda bernama SayurBox, sebuah platform layaknya marketplace yang berfungsi sebagai sumber dan distribusi sayur segar.

Di usianya yang baru menginjak 28 tahun, wanita ini berhasil mendapatkan hingga lebih dari 50 ribu pelanggan. Dalam satu hari, SayurBox bahkan bisa melakukan hingga lebih dari 1000 pengiriman. 

SayurBox sendiri sudah bermitra dengan lebih dari 300 perkebunan di daerah. 

Bisnis yang dibangun Amanda membantu para petani dalam memotong tengkulak, sehingga harga yang mereka dapatkan hingga ke tingkat konsumen bisa dinikmati secara layak dan adil.

SayurBox yang dibangun Amanda Cole sukses memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta dan menerima pendanaan hingga lebih dari US$2 juta.

Bisnis Amanda dibangun berdasarkan azas kebaikan ke para petani melalui social entrepreneur agar bisa terus mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih banyak lagi di kemudian hari.

2. Yasa Singgih

yasa singgih

Yasa Singgih atau Yasa Paramita Singgih menjadi inspirasi pengusaha muda sukses selanjutnya.

Yasa sudah melakoni berbagai macam pekerjaan sebelum akhirnya benar-benar fokus mengembangkan bisnisnya.

Ia memulai bisnisnya di usia 15 tahun dengan tekad ingin membantu dan membahagiakan keluarganya. Dalam perjalanannya pun, Yasa sudah mengalami pahitnya berbisnis karena ditipu hingga kehilangan jutaan Rupiah. Hingga akhirnya ia kini sukses mengembangkan bisnis online shop Men’s Republic.

Men’s Republic merupakan usaha yang memasarkan berbagai produk fashion untuk pria maupun wanita. Selain itu, Yasa juga memiliki bisnis kafe yang menjual produk kopi duren dan makanan gengsot.

3. Haryanto Tanjo

haryanto tanjo - pemilik moka pos

Nama Haryanto Tanjo terkenal sebagai salah satu sosok pendiri Moka Indonesia. 

Moka Indonesia merupakan startup yang mendedikasikan diri untuk membantu UMKM dan toko-toko pengecer dalam mengelola keuangan serta pembayaran toko.

Sebagai aplikasi dan software pembukuan toko, Moka Indonesia juga menyediakan berbagai layanan yang bisa membantu operasional bisnis para UMKM di Indonesia.

Kesuksesan Moka Indonesia membuat Haryanto Tanjo sanggup meraih kesuksesan di usia 30 tahun. Bahkan kerja kerasnya berhasil membuat SoftBank dan EDBI mengucurkan dana ke Moka hingga lebih dari US$28 juta.

4. Muhammad Alfatih Timur

Muhammad alfatih timur pemilik kitabisa.com

Website crowdfunding KitaBisa.com pasti sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia.

KitaBisa.com merupakan website yang digunakan masyarakat untuk melakukan penggalangan dana demi mendanai beragam proyek sosial, sehingga membawa dampak langsung untuk masyarakat Indonesia itu sendiri.

Muhammad Alfatih Timur adalah sosok penting di balik website tersebut. Namanya bahkan sampai masuk dalam majalah Forbers untuk kategori pengusaha sukses di bawah usia 30 tahun.

Hingga kini, KitaBisa.com berhasil menggalang lebih dari 31 ribu proyek dana sosial. Lebih dari 2,8 juta orang telah bergabung dan memberikan hingga lebih dari Rp815 miliar donasi yang dibagikan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

5. Archie Carlson

pengusaha muda indonesia

Archie Carlson merupakan seorang pengusaha sukses yang masih muda dan berhasil menarik perhatian majalah Forbes Asia

Bersama tiga mitra lainnya, Archie Carlson mulai membangun usaha bernama StickEarn pada tahun 2017.

Startup StickEarn menawarkan jasa yang mempertemukan pengiklan dan pemilik mobil untuk bisa bertransaksi secara lancar.

StickEarn di tangan Archie berhasil mendapatkan dana awal sebesar US$1 juta dari East Ventures.

Hingga kini, bisnis tersebut sudah menangani lebih dari 200 klien yang sukses menjangkau hingga lebih dari 17 industri di Indonesia. 

Lebih dari US$2 juta telah berhasil dibayarkan StickEarn ke lebih dari 60 ribu pengemudi sebagai penghasilan tambahan mereka.

6. James Prananto

pengusaha muda indonesia

James Prananto sempat viral berkat bisnis yang dibangunnya bersama Edward Tirtanata. 

James diketahui merupakan salah satu pendiri dari bisnis Kopi Kenangan yang digandrungi banyak orang di Indonesia.

Gerai Kopi Kenangan sendiri bahkan sudah tersebar di berbagai wilayah, terutama di kota-kota besar Indonesia.

Di masa awal membangun bisnisnya, Kopi Kenangan sukses mendapatkan dana US$8 juta dari Alpha JWS Ventures yang merupakan perusahaan Venture Capital ternama.

Konsep Kopi Kenangan sendiri berusaha mengombinasikan kafe kelas atas dengan warung kopi pinggir jalan, sehingga bisa menawarkan produk dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang luar biasa.

Rencana besar dari James Prananto adalah menambah gerai Kopi Kenangan hingga 130 buah di berbagai sudut wilayah Indonesia dengan penjualan hingga 3 juta cangkir kopi per bulan.

7. Nurhayati Subakat

pengusaha muda indonesia

Nama Nurhayati Subakat sudah sangat terkenal di bisnis kosmetik Indonesia.

Nurhayati Subakat merupakan pengusaha kosmetik dan filantropis Indonesia yang menjadi sosok penting di balik kesuksesan brand Wardah.

Nurhayati kini berperan sebagai pendiri dan Komisaris Utama dari PT Paragon Technology and Innovation. Wanita ini sukses menjadi pionir kosmetik halal di Indonesia. Bahkan sekitar 30 persen pangsa pasar kormetik Indonesia berhasil dikuasainya.

Ia sukses membangun perusahaan kosmetik nasional terbesar di Indonesia dan masuk dalam daftar 20 Wanita Paling Berpengaruh versi Fortune Indonesia.

8. Felicya Angelista

pengusaha muda indonesia

Masih sama di lini bisnis kosmetik, pengusaha muda sukses satu ini berhasil membuat produk yang menarik hati masyarakat Indonesia.

Felicya Angelista sukses membangun brand Scarlett Whitening yang menawarkan berbagai produk perawatan kecantikan seperti serum, toner, moisturizer, masker, dan lain-lain.

Dua produk serum mereka bahkan membuat Scarlett Whitening menjadi salah satu brand favorit dan terlaris pada tahun 2021. Total sudah ada lebih dari 151 ribu pembelian produk Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum dan lebih dari 80 ribu pembelian Scarlett Whitening Acne Serum.

Felicya Angelista yang merupakan aktris ternama ini sukses meraup total penjualan hingga lebih dari Rp15 miliar hanya dari kedua produk yang sudah disebutkan di atas.

9. Ferry Unardi

pengusaha muda indonesia

Fokus di dunia Computer Science and Engineering, Ferry Unardi sukses membangun bisnis Traveloka di Indonesia.

Pria yang lahir pada 16 Januari 1988 di Kota Padang ini sempat berkuliah S1 di Purdue University. 

Pernah bekerja di Microsoft, Seattle, Ferry rela meninggalkan pekerjaan menterengnya itu untuk membangun startup Traveloka yang awalnya berfokus di bidang mesin pencari tiket pesawat.

Di tengah usahanya dalam membangun Traveloka, Ferry juga berjuang untuk melanjutkan pendidikannya.

Ferry berhasil mengembangkan Traveloka hingga akhirnya menjadi salah satu bisnis bidang reservasi tiket yang menarik minat para investor. Traveloka bahkan sampai mendapatkan pendanaan dari beragam perusahaan modal ventura berkat kesuksesannya.

Pada tahun 2012, Traveloka berhasil menarik minat East Ventures untuk melakukan pendanaan ke bisnis tersebut. Dilanjut pada tahun 2013, Global Founders Capital juga ikut memberikan pendanaan ke usaha yang dibangun Ferry Unardi.

10. Rafi Putra Arriyan

pengusaha muda rafi putra arriyan pemilik flip

Nama Rafi Putra Arriyan kini melejit berkat stratup yang dibangunnya.

Rafi Putra Arriyan merupakan sosok di balik PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi yang menaungi aplikasi Flip. Aplikasi Flip merupakan layanan untuk transfer antarbank tanpa potongan biaya admin, menjadikannya terobosan luar biasa di era modern.

Flip dibangun Rafi bersama dua teman lainnya, yang berawal dari keresahan mereka terkait biaya transfer antarbank di Indonesia.

Saat berkuliah, Rafi terlebih dahulu melakukan riset panjang terkait biaya transfer antarbank di berbagai negara. Hasilnya, negara-negara di luar Indonesia memiliki biaya admin transfer antar bank yang rendah dan bahkan ada yang tidak dipungut biaya sama sekali.

Hingga pada akhirnya Rafi, Luqman, dan Ginanjar menciptakan aplikasi keuangan yang kita ketahui yaitu Flip

Selain layanan transfer tanpa biaya, Flip juga memberikan fitur pembayaran dan pembelian token listrik, paket data, pulsa, hingga pengisian saldo e-Wallet sehingga dengan mudah dapat melakukan analisa laporan keuangan.

Berkat kerja kerasnya di Flip, Rafi bahkan sampai masuk daftar salah satu pemimpin yang membentuk masa depan Asia versi Gen.T.

Itulah dia daftar 10 pengusaha muda sukses di Indonesia. Nama-nama tersebut sudah sangat terkenal di dunia bisnis Tanah Air berkat kerja keras mereka.

Para pengusaha muda sukses dari nol tersebut berhasil menjadi pemimpin di usia yang cukup mengejutkan.

Berdasarkan nama-nama yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sukses di usia muda itu bukanlah hal yang mustahil. Perjuangan para pengusaha tersebut dimulai dari nol demi membangun bisnis yang memberikan nilai dan dampak positif di masyarakat. Hal ini jadi bukti bahwa usaha yang keras membuahkan hasil yang baik.Semoga para pengusaha muda sukses tersebut bisa menjadi referensi dan memotivasi Anda saat membangun bisnis mulai dari awal.

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop