Pesan 5 unit++, Diskon ga habis-habis! 📢
faktor keberhasilan usaha
faktor keberhasilan usaha

10 Faktor Keberhasilan Usaha, Sudahkah Anda Memilikinya?

Apa saja faktor keberhasilan usaha yang harus dimiliki oleh pebisnis pemula? Ternyata Anda pun bisa memilikinya.

Kesuksesan merupakan tujuan utama seorang pengusaha ketika mendirikan bisnis atau usaha.

Meskipun awalnya usaha masih berskala kecil, pengusaha tetap menargetkan keuntungan yang dapat mengembalikan modal usahanya dalam kurun waktu tertentu.

Dengan begitu, mereka dapat mendapatkan cukup biaya untuk mengembangkan usahanya.

Akan tetapi, keuntungan tidak akan datang begitu saja. Terdapat sejumlah faktor yang dapat menentukan apakah usaha Anda dianggap berhasil. 

Harapannya tentu agar perusahaan tidak berjalan di tempat dan terus berkembang. Lantas, apa saja faktor keberhasilan usaha tersebut?

10 Faktor Keberhasilan Usaha yang Harus Dimiliki

Setidaknya terdapat 10 cara menjadi pengusaha sukses agar perusahaan Anda dapat menghasilkan keuntungan.

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk memastikan keberlangsungan usaha. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memahami Produk yang Dijual

Salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah memahami produk sebelum dijual ke pasaran.

Anda wajib mengetahui kelebihan produk maupun kekurangan jika dibandingkan dengan produk milik kompetitor.

Selain kelebihan dan kekurangan, pahami juga fungsi produk dan manfaat yang dapat dirasakan konsumen.

Pemahaman produk sangat berguna untuk menentukan strategi pemasaran yang akan disusun. Itulah kenapa sangat penting pula untuk memproduksi barang sesuai kebutuhan target pasar. 

Pasalnya, Anda tidak bisa langsung menangkap semua pasar konsumen yang ada. 

Lewat ruang lingkup kecil inilah, keuntungan optimal bisa didapat perusahaan. Setelah mampu menguasai kebutuhan pasar, barulah Anda mencari celah atau memikirkan strategi pemasaran berikutnya untuk memperluas jangkauan target konsumen.

2. Siap Menghadapi Risiko 

Faktor keberhasilan usaha juga ditentukan oleh seberapa siap Anda dalam menghadapi risiko yang akan datang.

Hal itu terjadi karena setiap usaha pasti memiliki pasang-surut dalam perjalanannya. 

Anda akan menghadapi sejumlah tantangan, seperti menurunnya penghasilan, kompetitor usaha yang semakin banyak, hingga masalah internal seperti kekurangan modal dan sebagainya.

Hal terburuk yang dapat terjadi adalah perusahaan mengalami kebangkrutan dan terpaksa untuk tutup sampai kembali mendapat tambahan modal atau peluang baru untuk mengembangkan usaha.

Pada saat inilah kekuatan mental akan diuji; seberapa kuat Anda dalam menghadapi risiko tersebut. Sering kali, pengusaha justru merasa tertekan dan memutuskan untuk menutup usahanya.

Sedangkan, ada pula yang tetap teguh menjalankan usaha dengan segala risiko yang ada sambil mencari peluang di balik kesulitan tersebut.

Jika Anda sukses melewati tantangan, usaha Anda berada di jalan yang tepat untuk menuju kesuksesan. 

Pengusaha sukses akan sangat akrab dengan kegagalan. Namun, mereka akan menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi untuk melangkah ke arah yang lebih baik. 

3. Memiliki Business Plan

Apa pun bidang usaha yang dijalankan, Anda wajib memiliki business plan untuk jangka waktu panjang. Rencana inilah yang akan menjadi patokan perkembangan usaha Anda.

Dengan begitu, usaha Anda tidak akan kehilangan arah maupun menjauh dari visi misi awal pembentukannya. Selain itu, cara juga akan menjadi standar yang ditetapkan bisnis untuk calon mitra atau rekanan di masa depan.

Jadi, jika ada pihak yang menawarkan kerja sama, mereka harus menyesuaikan proposal yang ditawarkan dengan cara tersebut untuk mencapai kesepakatan.

4. Pandai Membaca Peluang

Salah satu ciri dari pengusaha yang sukses adalah pandai membaca peluang.

Bahkan, Anda dapat melihat kesempatan saat kondisi yang sulit untuk menjadikannya sebuah keuntungan.

Karena itulah, pastikan Anda selalu mengikuti tren yang sedang berkembang di konsumen, terutama target pasar.  

Dengan begitu, Anda dapat menerapkannya pada strategi pemasaran produk yang akan disusun. Memiliki strategi yang fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan perubahan juga menjadi salah satu cara menjadi pengusaha sukses.

Sehingga, setiap peluang usaha menjanjikan pun yang efektif dapat langsung diintegrasikan tanpa merusak pondasi utama strategi tersebut.

5. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Seorang pengusaha juga tidak pernah berhenti belajar dan tidak mudah merasa puas dengan apa yang sudah dicapai. Mereka akan selalu mencari hal baru untuk dieksplorasi dan diterapkan pada usaha

Karena itulah, Anda wajib memiliki pengetahuan luas dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Hal tersebut sangat berguna untuk menemukan celah-celah bisnis yang belum diketahui, sehingga Anda bisa lebih jeli mencari peluang keuntungan.

Selain itu, selalu tanamkan dalam benak standar kesuksesan usaha setinggi-tingginya.

Dengan begitu, rasa untuk ingin berkembang dan maju akan selalu dimiliki oleh Anda untuk membawa usaha ke arah lebih baik.

6. Mencari Peluang dengan Menjalin Relasi

Pengusaha sukses juga cenderung mudah bergaul dan pandai menjalin relasi, bahkan dengan kompetitor. Hal itu terjadi karena mereka dapat melihat peluang sekecil apa pun untuk dijadikan sebagai keuntungan.

Karena itulah, pastikan Anda menjalin hubungan baik dengan relasi. Terapkan komunikasi yang baik untuk menjaga hubungan selalu positif.

Secara tidak langsung, Anda sudah membuat brand personality sebagai pengusaha yang baik dan terbuka akan kerja sama. Dengan begitu, mereka tidak akan segan untuk menghubungi Anda jika terdapat peluang kerja sama yang bisa dilakukan kedua belah pihak.

7. Sabar dan Tidak Mudah Menyerah

Faktor keberhasilan usaha yang berikutnya terletak pada perjuangan Anda yang selalu sabar dan tidak mudah menyerah. Dalam setiap usaha, Anda pasti akan menemukan masalah yang terkadang membutuhkan waktu lama untuk menemukan solusinya.

Pada saat itulah, kesabaran Anda akan sangat diuji; apakah Anda akan tetap sabar dan terus berusaha untuk mencari solusi, atau akan menyerah dan memutuskan untuk mengikuti nasib yang ada.

Jangan lupa, sabar adalah kunci kesuksesan. Ketika anda sabar dan tetap berusaha semaksimal mungkin, Anda akan mendapat kemudahan dari jalur yang bahkan mungkin tidak diduga. 

Selain itu, memiliki sifat tidak mudah menyerah juga akan memberi motivasi kepada karyawan Anda. Karena Anda tidak menunjukkan tanda-tanda akan menyerah, maka karyawan juga akan termotivasi untuk mengerahkan kemampuan maksimalnya agar usaha terus berjalan.

8. Terbuka Pada Inovasi

Seorang wirausahawan sukses juga akan selalu terbuka dengan inovasi dan gagasan baru.

Hal ini berkaitan dari sifat mereka yang tidak puas dengan apa yang sudah dicapai, sehingga terus mencari sesuatu yang baru untuk diterapkan.

Dengan terbuka pada inovasi, artinya bisnis selalu menerima kemajuan dan perkembangan yang sedang terjadi. Inovasi tersebut juga mungkin dapat menjadi peluang perusahaan untuk selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor.

Anda dapat menanyakan gagasan dan inovasi kepada pekerja, kolega, maupun konsumen tentang apa yang dapat ditingkatkan dari usaha saat ini.

Lalu, inovasi tersebut dapat ditampung dan dijadikan pertimbangan untuk dimasukkan ke dalam strategi pemasaran perusahaan.

9. Punya Pemikiran Out of The Box

Pemikiran out of the box merupakan pemikiran di mana Anda selalu berpikir diluar prediksi. Artinya, Anda berpikir di luar cara berpikir orang pada umumnya. Hal tersebut sangat penting dimiliki oleh pengusaha. 

Ketika usaha mengalami hal yang tidak diinginkan dan terjadi secara tiba-tiba, Anda dapat memikirkan cara untuk keluar dari masalah tersebut dengan cepat.

Jadi, usaha Anda tidak akan berada dalam masalah yang berlarut-larut.

Selain itu, mempunyai pemikiran out of the box juga akan membantu Anda untuk menemukan inovasi baru yang dapat menguntungkan perusahaan.

10. Tidak Menunggu Untuk Memulai 

Cara menjadi pengusaha sukses juga mencakup keberanian dalam mengambil inisiatif terlebih dahulu dan tidak menunggu untuk memulai. Setiap waktu sangatlah berharga sehingga Anda tidak bisa menunggu terlalu lama untuk memulai sesuatu.

Jika tidak, Anda akan didahului oleh kompetitor. Itulah kenapa sangat penting bagi Anda untuk segera memulai sesuatu duluan sambil tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan risiko. 

Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat, bukan tidak mungkin usaha Anda akan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.

Namun, selalu siapkan diri dan mental untuk menghadapi semua risiko yang mungkin terjadi. Dengan mempersiapkan diri akan hal tersebut, Anda dapat memimpin usaha ke arah yang tepat, bahkan di kondisi sulit sekalipun. Good luck!

My Cart Close (×)

Your cart is empty
Browse Shop